Lombok Post
Kriminal

Sindikat Penyelundup Lobster Terungkap

GAGAL DISELUNDUPKAN: Bibit lobster yang disita petugas di Lombok International Airport, Lombok Tengah, Senin (6/2). Bibit tersebut didapatkan dari penggagalan upaya penyelundupan yang dilakukan tiga orang terduga, yakni HE, JK, dan RU. DIDIT/LOMBOK POST

MATARAM – Upaya penyelundupan belasan ribu bibit lobster melalui Lombok International Airport (LIA), Lombok Tengah (Loteng) kembali terjadi. Namun, penyelundupan tersebut berhasil digagalkan tim gabungan dari Bareskrim Polri dengan bantuan Polda NTB dan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Mataram, Senin (6/2).

Informasi yang dihimpun koran ini menyebut, penangkapan tersebut merupakan pengembangan dari kasus sebelumnya. Di mana aparat berhasil menangkap salah satu penyelundup lobster, di Bali.

Dalam penangkapan di bandara penyelundupan tersebut dilakukan tiga warga negara Indonesia, yakni HE, 32 tahun; JK; 35 tahun; dan RU, 34 tahun. Mereka diduga berperan sebagai kurir untuk menyelundupkan lobster ke menuju Singapura.

Modus yang dilakukan ketiganya, menempatkan bibit lobster ke dalam busa yang telah diberi air. Busa tersebut kemudian dibungkus plastik bening. Untuk menyamarkan penyelundupan, ketiganya menaruh bungkusan yang berisi lobster ke dalam koper masing-masing.

Namun, penyelundupan tersebut terbongkar. Tiga terduga pelaku yang hendak menaiki pesawat tujuan Singapura, diperiksa petugas. Tiga koper yang dibawa digeledah satu per satu. Dugaan petugas ternyata benar. Saat melakukan penggeledahan, petugas menemukan 34 kantong plastik berisi bibit lobster dalam tumpukan baju di dalam koper mereka.

Setelah dihitung, bibit lobster yang hendak diselundupkan berjumlah 19.594 ekor. Rencananya, di Singapura, bibit lobster tersebut akan dijual kembali dengan harga Rp 150 ribu per ekornya. Sehingga, nilai ekonomis penjualan bibit lobster bisa mencapai Rp 2,9 miliar lebih.

Sementara itu, Kasubdit IV DItreskrimsus Polda NTB AKBP I Komang Sudana mengatakan, kasus tersebut masih ditangani Bareskrim Mabes Polri. Meski demikian dia membenarkan jika terjadi penangkapan tiga orang yang diduga berupaya menyelundupkan bibit lobster ke luar negeri.

a�?Bareskrim yang tangani,a�? kata Sudana, kemarin (7/2).

Selanjutnya, belasan bibit lobster yang diamankan petugas, telah dilepaskan BKIPM Mataram. Bibit Lobster tersebut dilepaskan di perairan Kabupaten Lombok Utara, kemarin. (dit/r2)

Berita Lainnya

Buron Pembegalan Wisatawan Tertangkap di Sekotong

Redaksi LombokPost

Lagi, Pelajar di Lombok Tengah Terseret Kasus Narkoba

Redaksi LombokPost

Ombudsman RI Pantau Kasus Buku Kemenag

Redaksi LombokPost

Dana Rehabilitasi Sekolah Melonjak Rp 1,2 Miliar

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost

Gubernur Yakin Kemampuan Brimob

Redaksi LombokPost

Polda Kantongi Data Baru Kasus Pengadaan Buku Madrasah

Redaksi LombokPost

Berkas Banding Merger BPR Dilimpahkan

Redaksi LombokPost

Utamakan Langkah Preventif

Redaksi LombokPost