Lombok Post
Selong

Festival Kaliantan Dibuka Hari Ini

, Camat Jerowaru Ahmad Zulkifli. IST/LOMBOK POST

SELONGA�– Rangkaian kegiatan Festival Kaliantan di Lombok Timur (Lotim) dimulai hari ini. Festival budaya tahunan ini akan menonjolkan sejumlah kearifan lokal Lotim. Puncaknya, rangkaian kegiatan diakhiri dengan tradisi Bau Nyale.

“Ini adalah salah satu ajang festival yang bertujuan melestarikan kebudayaan daerah. Melalui kegiatan ini kami ingin perkenalkan budaya kita kepada generasi muda dan masyarakat Lotim secara umum,” kata Camat Jerowaru Ahmad Zulkifli.

Rencananya festival akan dibuka oleh Bupati Lotim Ali BD. Rangkaian kegiatan ini akan digelar selama empat malam dimana puncaknya berakhir Jumat (17/2) mendatang.

“Untuk gendang Beleq, nanti akan ditampilkan oleh sejumlah pelajar SD. Sementara malam berikutnya baru pertunjukan gambus dan drama kolosal Putri Mandalika. Kalau presean hanya sebagai acara pembuka saja,” terang Zulkifli.

Pihak penyelenggara Festival Kaliantan dijelaskan sengaja memilih rangkaian kearifan lokal agar menarik minat wisatawan berkunjung. Mengingat festival ini juga menjadi salah satu ajang promosi untuk pariwisata daerah.

“Banyak sih yang mengusulkan ada hiburan lain. Kami sesuaikan saja dengan permintaan warga setempat. Yang terpenting kearifan lokalnya yang ditonjolkan,” jelasnya.

Sedangkan acara puncak, dari penjelasan Zulkifli akan ditutup Jumat malam. Diakhiri dengan tradisi bau nyale di Pantai Kaliantan Jerowaru. “Kalau untuk bau nyale itu pelaksanaannya sejak Kamis dan Jumat subuh,” terangnya. (ton/r2)

Berita Lainnya

Menange Rambang Butuh Sentuhan

Redaksi LombokPost

SECO Tempat Khusus Minum Kopi, Bukan Memburu Wifi

Redaksi LombokPost

Kuota Haji Lotim 2019 Bertambah

Redaksi LombokPost

RT BERIMAN Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

Redaksi LombokPost

P3K Harapan Terakhir Honorer

Redaksi LombokPost

SDM Pelaku Usaha Wisata Masih Rendah

Redaksi LombokPost

Partai Jangan Pasang APK Sembarangan!

Redaksi LombokPost

267 CPNS Lotim Lolos SKB

Redaksi LombokPost

Bencana Tiba, TSBD Tak Bergigi

Redaksi LombokPost