Lombok Post
Ekonomi Bisnis

Gapensi Dorong Kontraktor Paham IT

Ilustrasi/Net

MATARAMA�– Sejumlah pengusaha kontruksi di NTB menunggu program pemerintah daerah di tahun 2017. Ketua Gapensi Kota Mataram H Puji Raharjo mengatakan, saat ini baru program pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) yang mulai beroperasi.

“Sementara kami masih menunggu program pemerintah daerah,” ujar Puji kepada wartawan di Mataram kemarin (13/2).

Dikatakan, sejumlah program pemerintah daerah akan beroperasi pada Maret 2017. Terlebih saat ini tidak ada pemangkasan Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan begitu, pihaknya optimistis program pemerintah berjalan lancar di tahun 2017.

Di samping itu, Puji juga mendorong agar setiap kontraktor dapat mengembangkan kemampuan menggunakan teknologi informasi (IT). Terlebih saat ini proses pengerjaan proyek konstruksi tidak lepas dari sistem IT.

Dia mencontohkan bagaimana pemerintah akan menerapkan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Sistem ini merupakan aplikasi e-Procurement yang dikembangkan oleh LKPP untuk digunakan oleh LPSE di instansi pemerintah seluruh Indonesia, termasuk Kementerian Keuangan.

Aplikasi ini dikembangkan dengan semangat efisiensi nasional karena tidak memerlukan biaya lisensi. SPSE dikembangkan oleh LKPP bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk fungsi enkripsi dokumen; dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk subsistem audit.

Puji menegaskan, nantinya akan ada SPSE 4 yang akan diterapkan pada 2018. Terkait dengan itu, Gapensi Kota Mataram sangat mendukung sistem tersebut. Sebanyak 20 anggota Gapensi Kota Mataram akan mengikuti kelas terkait SPSE itu.

“Kontraktor itu harus punya tenaga IT agar tidak ketinggalan,” ujarnya.

Saat ini terdapat lebih kurang 160 perusahaan jasa konstruksi yang beraktivitas di Kota Mataram. Jumlah tersebut meningkat dari tahun ke tahun. Puji menegaskan, tumbuhnya perusahaan jasa konstruksi itu menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin baik.

“Banyak pengusaha baru muncul, tapi harus lebih profesional agar program pembangunan pemerintah berdampak positif bagi masyarakat,” tandas dia. (tan/r3)

Berita Lainnya

ILBB-Ancora Foundation Bantu Korban Gempa Lombok

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Soft Opening Jannah Tour and Travel Meriah

Redaksi LombokPost

Masyarakat Didorong Gunakan Produk Lokal

Redaksi LombokPost

FWD Life Resmi Hadir di Lombok

Redaksi Lombok Post

Golden Palace Hotel Dikunjungi Wakil Duta Besar Australia

Redaksi Lombok Post

BI Sosialisasi Kartu GPN di Kota Bima

Redaksi Lombok Post

Distribusi Kartu Berlogo GPN Dekati Target

Redaksi LombokPost

Avian Brands Peduli Bangun Kembali Lombok

Redaksi Lombok Post