Lombok Post
Sportivo

Rossi Mulai Merasakan Umurnya

PENGARUH USIA: Rider Movistar Yamaha Valentino Rossi mengalami kelelahan parah di hari terakhir uji coba di Sirkuit Phillip Island, Australia itu pekan lalu. AFP PHOTO

PHILLIP ISLAND– Valentino Rossi boleh mengatakan jika umur 38 tidak akan ada bedanya dengan 37 tahun. Namun uji coba pra musim MotoGP di Phillip Island membuktikan bahwa fisiknya tak setangguh dulu. Rossi mengalami kelelahan parah di hari terakhir uji coba di Sirkuit Phillip Island, Australia itu pekan lalu.

Dua rider Yamaha tampil seperti dua sisi mata uang di Australia. Maverick Vinales begitu impresif dan tak terkalahkan, sementara Rossi kesulitan mendapatkan pace terbaiknya. Secara overall dia finis di posisi 12 di daftar rider tercepat dengan selisih hampir satu detik di belakang Vinales.

Manajer Tim Movistar Yamaha Massimo Meregalli memastikan Rossi kelelahan setelah menjajal banyak suku cadang baru dan berbagai setingan motor.

”Dia mulai merasakan umurnya. Dia hanya lelah secara fisik,” kata Meregalli dikutip GP One.

Dua hari terakhir uji coba Rossi fokus menjajal berbagai seting untuk mengatasi degradasi ban belakang ketika melakukan simulasi balapan. Menurutnya, di Australia treknya sangat spesifik. Karena itu semua setingan dan suku cadang yang dicoba memang hanya akan digunakan pada seri balapan Australia, bukan di sirkuit lain.

Secara keseluruhan, lanjut Meregalli, hal yang mengecewakan Yamaha adalah chassis motor. Karena ada titik dimana motor menjadi tidak stabil ketika masuk dan keluar tikungan lambat. ”Secara keseluruhan kami senang, mengingat kami bisa cepat dalam satu lap dan juga saat memakai ban bekas (race pace). Hasil uji coba Maverick seakan mengangkat beban pada pundak kami,” tandasnya.

Ketika ditanya apakah Yamaha mulai percaya bahwa hanya Vinales yang mampu menandingi Marquez saat ini, Meregalli tak memberikan jawaban pasti. ”Balapan baru akan dimulai 26 Maret nanti,” tukasnya. Namun beberapa kali dia mengingatkan, jangan pernah meremehkan pengalaman Rossi. (cak/jpg/r10)

Berita Lainnya

Selangkah Lagi Timnas U-19 Ke Piala Dunia

Redaksi Lombok Post

Huswatun Cetak Sejarah, Petinju Putri Pertama RI Raih Medali Asian Games

Redaksi Lombok Post

Zohri : Saya Nggak Percaya Bisa Juara

Prancis Fantastis! Juara Dunia setelah Tumbangkan Kroasia 4-2

Banjir Hadiah Menanti Zohri

Zohri, Sprinter Pertama Indonesia yang Menjadi Juara Dunia

AS Roma Butuh Keajaiban Kedua

Redaksi LombokPost

Chilena Ronaldo Seindah Puisi

Redaksi Lombok Post

NTB Layak Jadi Tuan Rumah PON 2024

Redaksi Lombok Post