Lombok Post
Sportivo

Berdayakan Pelatih Tak Berlisensi

MENGGIRING BOLA: Salah satu pemain Mataram FC menggiring bola pada lanjutan Liga Profesional di Sport Hall GOR 17 Desember beberapa waktu lalu. HARLI/LOMBOK POST

MATARAMA� -Turnamen futsal di NTB saat ini bisa dibilang sudah menggeliat. Banyak klub-klub bermunculan. Tak hanya itu, hampir di setiap sekolah menjadikan futsal kegiatan ekstrakulikuler.

Banyaknya klub-klub ini tak diimbangi dengan kualitas pelatih. Untuk itu, Asosiasi Futsal Daerah (AFD) NTB mencoba merangkul pelatih yang belum berlisensi.

Sekretaris AFD NTB Agus Sukmayadi mengatakan, AFD tetap akan merangkul seluruh pelatih yang belum memiliki lisensi. Pihaknya akan memanfaatkan jatah pelaksanaan pelatihan wasit berlisensi nasional dari pusat.

“Kita mendapat jatah dua kali pelaksanaan pelatihan pelatih berlisensi nasional,” kata Agus Sukmayadi, kemarin (2/3).

Rencananya, pada pelatihan itu akan diikuti klub-klub yang aktif mengikuti event dan pelatih dari beberap klub sekolah.

Pelatihan tahap pertama awal Mei, sementara tahap kedua pada November. “Masing-masing tahap akan diikuti 25 pelatih dari masing-masing klub,” jelasnya.

Jadi, lanjutnya, dengan dua kali jatah tersebut, ada 50 pelatih di NTB yang akan mendapatkan lisensi pelatih nasional. Sebelumnya, di NTB terdata hanya 11 pelatih yang memiliki lisensi nasional. “Semakin banyak pelatih berlisensi dampaknya nanti akan melahirkan pemain berkualitas,” ujarnya.

Agus menerangkan, berdasarkan hasil keputusan rapat bersama exco AFD NTB, klub yang bisa mengikuti Liga Nusantara dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB pelatihnya harus berlisensi nasional. Jika tidak, tegas dia, klub tersebut tidak diperkenankan untuk mengikuti liga amatir futsal tersebut. (arl/r10)

Berita Lainnya

Selangkah Lagi Timnas U-19 Ke Piala Dunia

Redaksi Lombok Post

Huswatun Cetak Sejarah, Petinju Putri Pertama RI Raih Medali Asian Games

Redaksi Lombok Post

Zohri : Saya Nggak Percaya Bisa Juara

Prancis Fantastis! Juara Dunia setelah Tumbangkan Kroasia 4-2

Banjir Hadiah Menanti Zohri

Zohri, Sprinter Pertama Indonesia yang Menjadi Juara Dunia

AS Roma Butuh Keajaiban Kedua

Redaksi LombokPost

Chilena Ronaldo Seindah Puisi

Redaksi Lombok Post

NTB Layak Jadi Tuan Rumah PON 2024

Redaksi Lombok Post