Lombok Post
Selong

Gadget Picu KDRT dan Pelecehan Seksual

Kepala Unit (Kanit) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Lotim Aipda Nengah Wardika. TONI/LOMBOK POST

SELONGA�– Jumlah kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan pelecehan seksual di Lombok Tmur (Lotim) terus meningkat. Kepala Unit (Kanit) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Lotim Aipda Nengah Wardika menyebutkan salah satu pemicunya adalah keberadaan telepon pintar (smartphone).

“Laporan yang kami terima meningkat. Cuma ada yang mencabut ada juga yang melanjutkan, ada sekitar delapan laporan KDRT yang kami terima,” katanya kepada Lombok Post.

A�Bedanya, tahun ini banyak yang disebabkan akibat telepon pintar yang sering disalahgunakan oleh pemiliknya. Sehingga muncul perselisihan dalam keluarga yang berujung pada aksi KDRT.

Salah satunya seperti yang terjadi di daerah Sawing belum lama ini. Dimana, seorang pegawai kantoran diketahui istrinya menyimpan foto dengan rekan kerjanya yang dicurigai sebagai selingkuhannya. Hal ini yang lantas menimbulkan konflik rumah tangga berujung pada aksi KDRT.

“Suaminya ketahuan menyimpan foto dengan perempuan teman kantornya. Itu yang diduga selingkuh. Namun itu diduga kesalahpahaman dan berujung damai setelah dimediasi,” ungkapnya.

Sementara untuk kasus kekerasan seksual, sasaran korbannya dikatakan adalah para pelajar. Baik oleh rekan seusianya hingga orang yang jauh berada di atas usia pelajar tersebut.

“Karena ini akibat pergaulan bebas dan lingkungan mereka juga. Ditambah akses gadget ini yang begitu mudah, kerap menjadi pemicu,” jelasnya.

Yang terbaru seorang pelajar SMP, 13 tahun asal Kecamatan Jerowaru diduga dicabuli seorang kakek usia 52 tahun. Itu setelah kakek tersebut menjanjiikan dan membelikan pelajar tersebut sebuh gadget smarthone.

“Jadi memang besar sekali pengaruhnya gadget ini terhadap aksi KDRT maupun pelecehaan sesksual,” bebenrya. Khusus untuk kaasus pelecehan seksual selama tahun 2017, Wardika menjelaskan terdapat sekitar 15 kasus. Jumlah ini juga bertambah dibanding tahun sebelumnya. (ton/r2)

Berita Lainnya

Generasi Muda Jangan Main Gadget Terus!

Redaksi LombokPost

Pemkab Jangan Mau PAD Aja!

Redaksi LombokPost

Korban Minta Pelaku Segera Diadili

Redaksi LombokPost

Pengerukan Dermaga Labuhan Haji Terancam Molor

Redaksi LombokPost

Oknum Perawat Diduga Perkosa Rekan Kerjanya

Redaksi LombokPost

Jangan Main Gadget Terus Dong!

Redaksi LombokPost

Menange Rambang Butuh Sentuhan

Redaksi LombokPost

SECO Tempat Khusus Minum Kopi, Bukan Memburu Wifi

Redaksi LombokPost

Kuota Haji Lotim 2019 Bertambah

Redaksi LombokPost