Lombok Post
Metropolis

Setiap Nelayan Dapat Rp 1,5 Juta Untuk Bantuan Modal Usaha

Lurah Tanjung Karang Permai Syamsudi. Ferial/Lombok Post

MATARAMA�– Cuaca buruk selalu menjadi mimpi buruk bagi nelayan. Termasuk nelayan di Kelurahan Tanjung Karang Permai, Kota Mataram. Mereka harus rela tidak melaut untuk menjaga keselamatan.

Secara otomatis, setiap cuaca buruk datang, para nelayan ini tak memiliki penghasilan. Mereka seperti menjadi pengangguran musiman.

Itulah yang kemudian menjadi perhatian pihak kelurahan. “Kami berencana menyiapkan modal usaha,” kata Lurah Tanjung Karang Permai Syamsudi.

Bantuan modal tersebut diberikan agar nelayan bisa menjalankan usaha selain melaut. “Para istri nelayan dapat menggunakan modal tersebut untuk berjualan meskipun hanya usaha kecil-kecilan. Modal yang diberikan senilai Rp 1,5 juta per nelayan,” ungkapnya.

Menurut Syamsudi, modal usaha untuk nelayan itu sudah ia usulkan dalam MPBM (Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat) beberapa waktu lalu. “Realisasinya mulai tahun depan,” bebernya.

Pemberian bantuan modal usaha itu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan. “Selain modal, nelayan juga mendapat bantuan lainnya. Seperti sembako dan peralatan melaut,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Mataram Hj Baiq Sujihartini mengatakan, beberapa item bantuan untuk nelayan telah diberikan pada tahun lalu. Sementara untuk tahun ini, bantuan berupa perahu dan jaring baru diberikan pada beberapa kelompok nelayan.

“Kita hanya berikan ke nelayan yang terdaftar dalam kelompok dan memiliki kartu nelayan. Jadi tidak ada istilahnya salah sasaran lagi,a�? tandasnya. (fer/r5)

Berita Lainnya

Kekayaan Tersembunyi Pantai Penghulu Agung Ampenan

Redaksi LombokPost

Hasil Produksi Langsung Dibeli Pengusaha

Redaksi LombokPost

DBD Bisa Jadi Ancaman Serius Pengungsi

Redaksi Lombok Post

Ahyar Tidak Puas dengan Hasil CPNS

Redaksi Lombok Post

PLN Luncurkan Layanan Satu Pintu

Redaksi Lombok Post

Hanya Ngebut di Depan Jokowi, Perbaikan Rumah Korban Gempa Jalan di Tempat

Redaksi Lombok Post

Nuril pun Menangis, Aksi Bela Nuril Terus Mengalir

Redaksi Lombok Post

Ahyar Bakal Evaluasi Muslim

Redaksi LombokPost

UMK Jadi Pertimbangan Kenaikan Upah Honorer

Redaksi LombokPost