Lombok Post
Giri Menang Headline

Mudik Lebaran, ASDP Lembar Siapkan 32 Kapal Penyebrangan

Ilustrasi Kapal Laut

GIRI MENANG-Pelabuhan Lembar kini telah bersiap untuk menyambut mudik Lebaran tahun ini. Untuk memberangkatkan penumpang mudik, pihak ASDP Lembar telah menyiapkan puluhan armada kapal.

Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Lembar seikitnya menyiapkan 32 armada kapal. Jumlah tersebut telah siap beroperasi. “Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Kepala ASDP Lembar Anton Murdianto.

Selain menyiapkan 32 armada kapal, untuk mempercepat proses pengangkutan, ASDP juga akan mengoperasikan tiga dermaga. Dengan memberlakukan sistem shift. Namun itu tergantung dari kepadatan penumpang.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”86″ tax_operator=”0″ offset=”1″ order=”desc”]

“Bisa dua jam, bisa satu jam, bisa setegah jam, dan 45 menit. Sedangkan waktu tempuh (Lembar-Padangbai) adalah 4 jam 36 mil,a�? bebernya kepada wartawan, Selasa (13/6) lalu.

ASDP Lembar juga terus melakukan proses perbaikan infrastruktur pelabuhan. Seperti fasilitas rolling door bagi kendaraan bermotor agar tidak terkan hujan.

“Insya Allah Senin sudah selesai (rolling door). Kita sudah koordinir dengan pihak KP3 Lembar, KSOP Lembar, dan pihak terkait lainnya. Rencananya di minggu ini akan dilakukan pengecekan posko bersama,” jelas Anton.

Hingga saat ini, arus pengguna jasa di Pelabuhan Lembar masih relatif normal. Belum ada tanda-tanda peningkatan. Pihak pelabuhan memprediksi, baru terjadi peningkatan penumpang menjelang cuti bersama. Atau H-5 Lebaran. “Kita prediksi tanggal 21 (Juni),a�? tandasnya.

Melihat persiapan yang telah dilakukan, pihak ASDP Lembar tidak khawatir apabila terjadi lonjakan penumpang. Apalagi tahun ini sudah ada KMP Legundi, penyeberangan langsung dari Lembar menuju Surabaya.

Pengalaman mudik lebaran tahun sebelumnya, peningkatan pengguna jasa tidak terjadi saat H-2 ataupun H-1 Lebaran. Pelabuhan Lembar baru ramai dipadati pemudik saat H-5 atau H-3. Sementara puncak arus balik, diperkirakan H+10 Lebaran. (zen/r5)

 

Berita Lainnya

Korban Gempa Tagih Janji Jokowi

Redaksi LombokPost

Bantuan Air Bersih Dihentikan

Redaksi LombokPost

Pembangunan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi LombokPost

Pilkades Serentak Harus Dievaluasi

Redaksi LombokPost

4564 Honorer Lotim Akan Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Akhirnya Darmaga Labuhan Haji Dikeruk Juga!

Redaksi LombokPost

7.000 Petisi Penolakan Juknis Bantuan Gempa

Redaksi LombokPost

Target Diprediksi Meleset!

Redaksi LombokPost

Jembatan Sungai Jangkuk Longsor!

Redaksi LombokPost