Lombok Post
Headline Metropolis

Kota Tua Ampenan, Amazing!

BERNOSTALGIA: Inilah parade sepeda ontel yang memeriahkan pembukaan Festival Kota Tua Ampenan, kemarin (25/8). Festival akan berlangsung selama tiga hari dan akan membawa para wisatawan bernostalgia ke masa lalu. IST/LOMBOK POST

MATARAM-Festival Kota Tua Ampenan dimulai. Dibuka kemarin (25/8), festival bakal berlangsung selama tiga hari. Dan selama festival digeber, kota tua di pesisir barat Pulau Lombok ini benar-benar bersolek. Ampenan memang sungguh menakjubkan.

Dalam festival ini, pengunjung diajak kembali merasakan nuansa tempo dulu yang menjadi ikon Kota Tua Ampenan. Menegaskan kembali posisi Ampenan sebagai destinasi wisata utama di urat nadi utama Pulau Lombok yang bergelimang sejarah.

Kemeriahan diawali dengan parade sepeda ontel. Puluhan penggemar sepeda ontel dari berbagai komunitas ambil bagian dalam parade ini. Masing-masing mengenakan pakaian ala tempo dulu. Mereka berparade berkeliling Kota Mataram dan finish di eks Pelabuhan Ampenan.

Selain parade sepeda, ikut ambil bagian juga parade mobil-mobil jeep tua. Mirip parade para serdadu zaman perang dunia I dan II. Sampai di pintu gerbang eks Pelabuhan Ampenan, iring-iringan parade disambut meriah kesenian barongsay dari salah satu sanggar seni di Ampenan.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”218″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

Selama festival berlangsung, akan ada pula festival kopi, lomba senandung dan juga fashion show ala-ala zaman dahulu alias jadoel. Juga akan ada atraksi seni dan budaya NTB, pertunjukan musik, pameran industri kreatif, aneka macam kuliner dan bazar.

Pembukaan festival dibanjiri masyarakat Kota Mataram. Selain itu, hadir pula Ketua BKOW NTB Hj Syamsiah M Amin, dan juga para pejabat lingkup Pemprov NTB.

Sekretaris Dinas Pariwisata NTB Endah Setyorini mengatakan, Festival Kota Tua Ampenan akan berakhir pada Ahad (27/8). Endah menyampaikan, Festival Kota Tua Ampenan merupakan salah satu rangkaian Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2017 yang berlangsung selama sebulan penuh, mulai 18 Agustus hingga 16 September. Bulan Pesona Lombok Sumbawa ini bakal memanjakan para wisatawan di NTB.

“Ini sebagai upaya untuk mempromosikan kawasan Kota Tua Ampenan dan Pantai Ampenan sebagai salah satu destinasi wisata di NTB,” kata Endah saat membuka festival.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Mataram, Didi Sumardi mengatakan, Festival Kota Tua Ampenan menjadi kesempatan strategis untuk lebih mengenalkan potensi Kota Tua Ampenan kepada wisatawan. Meski memiliki potensi yang menarik, Didi tidak menampik jika pengembangan Kota Tua Ampenan sebagai destinasi wisata di Mataram belum maksimal.

“Kota ini memegang peran penting dalam mewujudkan Mataram sebagai kota pusaka,” kata Didi.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, Kota Tua Ampenan merupakan wilayah yang kaya akan sejarah sebagai pintu masuk utama ke Pulau Lombok pada masa terdahulu. Selain sebagai objek wisata, Kota Tua Ampenan juga dapat menjadi sarana edukasi bagi generasi muda untuk belajar sejarah.

Berbeda dengan kondisi sejumlah kota tua di sejumlah daerah yang tergolong lebih maju, Kota Tua Ampenan masih banyak yang perlu diperbaiki dalam hal pengembangan sebagai objek destinasi wisata. Didi menyebutkan sedang menyiapkan landasan hukum melalui peraturan daerah guna mempercepat pengembangan potensi wisata di Kota Tua Ampenan. (kus/r8)

Berita Lainnya

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost

Pembuatan RISHA Kini Masalahnya Kekurangan Tukang

Redaksi LombokPost

Modal Awal Rp 800 Ribu, Kini Omzetnya Rp 2,5 Juta Sehari

Redaksi LombokPost

Hujan Deras, PDAM Tetap Ngadat

Redaksi LombokPost

Penyakit Menular Serang Anak Pengungsi

Redaksi LombokPost

Waspada ! Semua Pohon Berpotensi Tumbang!

Redaksi LombokPost

Lahan Menyempit, Petani Terjepit

Redaksi LombokPost