Lombok Post
Headline Politika

Kiai Zul Incar PAN dan PKB

COBA MERAPAT: KH Zulkifli Muhadli duduk berdampingan dengan Hj Sitti Rohmi Djalilah dalam acara Demokrat, akhir pekan lalu. Wahyu/Lombok Post

MATARAM– KH Zulkifli Muhadli terus mengintensifkan pergerakan. Sadar PBB NTB yang dipimpinnya terbilang kecil untuk bisa memajukan calon, ia coba bergerak mengincar partai-partai yang lebih besar.

“Infonya PAN dan PKB,” kata Sekjen PBB Afriansyah Noor menyebut partai yang didekati mantan bupati Sumbawa Barat itu.

Jika benar dua partai yang masing-masing memiliki lima kursi itu bisa dikuasai, maka akan ada tambahan kekuatan yang sangat signifikan. Dengan PBB yang memiliki tiga kursi, lengkap sudah persyaratan 13 kursi yang dibutuhkan untuk memajukan calon. Modal itulah yang rencananya akan ditawarkan pada Demokrat yang hendak memajukan Hj Sitti Rohmi Djalilah. Dengan membawa PAN dan PKB, posisi Kiai Zul diyakini akan makin menguat.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”192″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

Bahkan, jika hanya salah satu dari dua partai itu yang bisa dimenangkan hatinya, sudah sangat cukup. Hitung-hitungannya PBB tiga kursi dan Demokrat delapan kursi hanya memerlukan tambahan dua kursi lagi.

Masalahnya adalah, baik PAN maupun PKB sudah menentukan sikap. PAN mendukung paket Ahyar-Mori, sedangkan PKB memilih Suhaili-Amin. Namun keduanya diyakini masih bisa digoyang karena tak mengusung kader langsung. Termasuk juga lantaran dukungan yang diberikan saat ini diyakini baru sebatas level rekomendasi, belum menjadi sebuah SK yang mengikat.

Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah Demokrat NTB M Nashib Ikroman tak menampik peluang koalisi dengan PBB terhambat kekurangan kursi.

“Jadi komunikasi lanjutan belum bisa kita lakukan,” katanya.

Namun persoalan tentu akan berubah jika benar ada partai tambahan yang dibawa ke hadapan Demokrat.

“Kalau tiket cukup, tentu pembicaraan lanjutan bisa kita dalami,” katanya.

Terkait arah Demokrat setelah para pelamar menyampaikan visi dan misi, ia mengatakan belum ada keputusan bulat yang diambil. Seluruh berkas sejak Senin lalu sudah diserahkan dan dibahas intens Majelis Tinggi Partai Demokrat sehari berselang. Penekanannya adalah harus ada unsur kader dalam paket yang dimajukan. Artinya Rohmi hampir pasti mengisi slot wakil. Kini tinggal menunggu posisi gubernur yang akan dipilih.

“Arahan lain, DPD diminta meneruskan komunikasi politik dengan parpol lain,” pungkasnya. (yuk/r4)

 

Berita Lainnya

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost

Pak Jokowi, Bebaskan Baiq Nuril!

Redaksi Lombok Post

Penangan Pascagempa Lamban

Redaksi LombokPost

SMPN 3 Jonggat Terapkan Pembelajaran Berbasis Siswa

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Siapkan Nikah Massal Gratis

Redaksi LombokPost