Lombok Post
Politika

Lihat Survei, Suhaili-Amin Yakin Menang

UNTUK RAKYAT: Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB nomor satu HM Suhaili FT dan HM Amin DOK/LOMBOK POST

MATARAM– Pasangan nomor satu HM Suhaili FT dan HM Amin makin pede akan peluang mereka. Hal tersebut setelah lembaga survei yang digunakan mengeluarkan sejumlah data dan fakta yang terbaca.

“Kami makin yakin,” kata HM Amin pada Lombok Post, kemarin (6/3).

Salah satu data yang muncul adalah tingkat kesukaan masyarakat terhadap Amin yang berada pada angka 64 persen. Menurut lembaga survei bertaraf nasional itu, Amin hanya kalah dari TGB yang angkanya menembus 80 persen. Namun keuntungan bagi Amin adalah TGB tak lagi bisa maju.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”192″ order=”desc”]

“Jadi kalau ada yang bilang pemerintahan sekarang sukses, saya bagian dari ksuksesan itu,” kata Amin lantas terkekeh.

Selain Amin, Suhaili memainkan peranan besar dalam peluang kemenangan itu. Bupati Lombok Tengah (Loteng) non aktif itu diprediksi menang telak di daerahnya. Sebagai daerah terpadat kedua di NTB setelah Lombok Timur (Lotim), hal tersebut tentu sangat menggembirakan.

Terlebih Lotim diprediksi akan pecah. Minimal ada dua kutub besar. Yakni paket Ali-Sakti dan Zul-Rohmi.

“Kita pasti dapat juga di sana,” tegas Amin.

Ditopang suara Samawa yang merupakan daerah asalnya, Amin percaya peluang kemenangannya sangat besar.

“Kalau di daerah lain kan bersaing,”ujarnya.

Namun perihal keyakinan akan kemenangan, mereka bukanlah satu-satunya. Zul-Rohmi, pasangan nomor tiga juga meyakini demikian. Jika pemilihan gubernur NTB dilakukan saat ini, maka duet pasangan nomor tiga H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah yang akan keluar sebagai pemenangnya. Sehingga duet Zul-Rohmi tinggal dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur NTB.

Itulah inti dari hasil survei Olat Maras Institute (OMI) yang melaksanakan 15-24 Februari lalu. Total sampel 1.200 responden, mereka mengklaim tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error 2,6 persen saja. Dalam survei itu, jumlah pemilih opsi tidak menjawab atau belum menentukan sikap cukup tinggi, mencapai 44,20 persen.

Dalam rilis survei itu, Zul-Rohmi meraih 32,8 persen, Suhaili-Amin 24,6 persen, Ali-Sakti 21,6 persen, dan Ahyar-Mori 21 persen.

Terkait hasil survei itu, Zul melalui rilisnya mengatakan dilihat dari metodologi, jumlah responden, dan validitasnya, hasil survei tersebut cukup objektif. Ia selaku calon mengklaim bisa merasakan seperti apa respon masyarakat di lapangan.

“Tinggal bagaimana di sisa waktu ini mengoptimalkan peluang yang ada untuk meraih kemenangan,” ujarnya.

Bersama Rohmi, keduanya kini makin aktif blusukan menyapa warga. Menawarkan program adalah hal yang selalu dilakukan disamping mengenalkan diri.

“Di Lotim boleh saja kami masih posisi nomor dua, tapi tipis, dan itu keuntungan bagi kami,” kata Ketua DPD Demokrat NTB TGH Mahally Fikri.

Dia juga percaya pihaknya bisa menang di Sumbawa dan Sumbawa Barat. Selain itu, di daerah lawan mereka coba memangkas jarak. Sehingga kendati kalah, akan sangat tipis, dan tertutupi daerah lain. “Pada akhirnya kami yang akan tertawa,” ucapnya mantap. (yuk/r4)

Berita Lainnya

Pendaftaran Calon Angota KPU Diperpanjang

Redaksi LombokPost

Sembilan Sekolah Lolos Babak Penyisihan Lomba Cerdas Cermat

Redaksi LombokPost

Partisipasi Pemilih Nasional Ditarget 77,5 Persen

Redaksi Lombok Post

Pemilu Serentak 2019 Ribet

Redaksi LombokPost

Ma’ruf Amin Kampanye di Pondok?

Redaksi Lombok Post

Tiga Caleg DPRD NTB Dinyatakan TMS

Redaksi LombokPost

Bawaslu Bersiap Pelototi Kiai Ma’ruf, Ingatkan Tidak Kampanye di Ponpes

Redaksi LombokPost

Bung Nuri: Mari Berpolitik Santun

Redaksi LombokPost

DPT HP Akan Dicermati Dua Bulan

Redaksi LombokPost