Lombok Post
Sumbawa

Berkas SMKN Lunyuk Dikirim ke Kejaksaan

AKP Zacky Maghfur

SUMBAWA– Berkas kasus dugaan korupsi dana BOS SMKN 1 Lunyuk dikirim oleh penyidik Polres ke Kejaksaan Negeri Sumbawa, kemarin (23/5). Pengiriman berkas ini dilakukan setelah polisi melakukan penahanan terhadap dua tersangka kasus tersebut belum lama ini.

Kasat Reskrim Polres Sumbawa AKP Zacky Maghfur yang dikonfirmasi  membenarkan adanya pengiriman berkas kasus tersebut. Setelah ini, pihak kepolisian tinggal menunggu petunjuk selanjutnya dari pihak kejaksaan. Berkas itu akan dipelajari atau diteliti terlebih dahulu oleh jaksa. Jika nanti berkasnya dinyatakan lengkap, maka akan dilakukan tahap dua atau penyerahan tersangka dan barang bukti. Tetapi jika ada yang masih kurang atau minta dilengkapi maka akan dipenuhi pihaknya.

“Setelah ini kami menunggu petunjuk jaksa. Biar nanti dipelejari oleh jaksa apakah ada kekurangan atau tidak,” ujar Zacky.

Dia menjelaskan, dalam kasus ini pihaknya sudah menetapkan dua tersangka. Yakni Kepala SMKN 1 Lunyuk yang menjabat saat itu, As dan bendahara BOS sekolah tersebut, Aw. Penetapan tersangka terhadap keduanya juga berdasarkan keterangan saksi san alat bukti yang sudah memenuhi. Namun, sementara ini masih  belum ada indikasi penambahan tersangka dalam kasus ini.

Diketahui, kasus itu terjadi pada 2015 lalu. Saat itu, sekolah tersebut mendapatkan dana BOS sebesar Rp 102 juta. Dana itu diperuntukkan bagi 170 siswa dengan besaran masing-masing Rp 600 ribu. Kemudian, dilakukan pencairan dana oleh kepala sekolah yang menjabat saat itu, As dan bendahara saat itu yang berinisial Aw sebesar Rp 67,2 juta. Namun, setelah dana itu cair, diduga tidak dibelanjakan untuk kepentingan sekolah. Diduga dana itu digunakan untuk kepentingan pribadi. Hingga saat ini, dana tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan. (run/r4)

Berita Lainnya

Dana Bantuan Korban Gempa Cair Pekan Ini

Redaksi LombokPost

Perpustakaan Cempi Jaya Banggakan Dompu

Redaksi LombokPost

Minyak Sumbawa Sangat Layak Menasional

Redaksi LombokPost

Puluhan Lampu Terpasang, Kota Bima Semakin Terang

Redaksi LombokPost

KPU Dompu Publikasikan Daftar Caleg Sementara

Redaksi LombokPost

Pelayanan RSUD Sumbawa Mulai Dibenahi

Jalan Teladan-Kelawis dan Batu Rotok Tuntas

Istri Jadi TKW, GT Hamili Anak Kandungnya

Ratusan DPT Diduga Tidak Memenuhi Syarat