Lombok Post
Selong

Nasdem Siapkan Pengganti Samsul Rijal di Dewan

Mustayib

SELONG-Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Lombok Timur (Lotim) masih menunggu pendaftaran bakal calon legislatif dari partai. Meskipun, pendaftaran kini tinggal menyisakan sekitar seminggu lagi, belum banyak partai yang mendaftar. Sejumlah partai memang telah datang ke  KPU Lotim. Namun sekadar untuk menanyakan informasi terkait mekanisme pendaftaran dan berkas yang harus dilengkapi.

“Sampai sejauh ini masih belum (mendaftar, Red). Cuma nanti kan masa pendaftarannya sampai tanggal 17 Juli. Biasanya menjelang hari terakhir baru banyak yang daftar,” terang salah seorang petugas KPU Lotim yang stand by untuk menerima pendaftaran.

Untuk memudahkan partai dan bakal caleg untuk mendapatkan informasi, KPU Lotim sendiri sebenarnya sudah memuat iklan informasi tata cara dan mekanisme pendaftaran bakal caleg di media massa. Sehingga, masyarakat yang ingin maju dalam bursa caleg melalui partai politik bisa betul-betul memahami persyaratannya.

Misalnya dengan mengajukan dokumen persyaratan bakal calon partai politik dan mengunggah dokumen ke Sistem Online KPU (SILON). Surat pencalonan daftar bakal calong anggota DPRD Lotim yang akan diserahkan ke KPU Lotim juga harus ditandatangani  Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah/Dewan Pimpinan Cabang/ Dewan Pimpinan Kabupaten dibubuhi cap basah.

“Para bakal caleg Partai mungkin sedang melengkapi dokumen administratifnya saat ini. Karena kalau sudah semua lengkap, sehari prosesnya sudah bisa selesai,” jelas Ketua KPU Lotim M Saleh.

Terpisah, sejumlah ketua partai mengaku saat ini memang tengah menyiapkan dokumen pendaftaran bakal calon anggota DPRD Lotim. Partai Nasdem misalnya. DPC Partai Nasdem yang kini dipimpin H Mustayib ini tengah bersiap untuk proses pendaftaran.

“Masih kami selesaikan persyaratan administrasi dan dokumen hasil pemeriksaan kesehatannya,” kata dia kepada Lombok Post.

Nasdem mengaku menunggu kelengkapan dokumen para bakal calegnya hingga Rabu-Kamis minggu ini. Karena, jika sudah lengkap, pihak Nasdem mengaku akan langsung mendaftarkan diri ke KPU Lotim. Total sekitar 50 calon sudah siap mengisi semua Daerah Pemilihan (Dapil) di Lotim. Mereka sudah melalui tahapan seleksi karena sebelumnya terdapat kelebihan pendaftar di partai besutan Surya Paloh tersebut.

Selain disibukkan dengan persiapan pendafataran calon anggota DPRD Lotim, Nasdem juga saat ini tengah menyiapkan proses pergantian posisi anggota DPRD Lotim yang ditinggalkan almarhum Samsul Rijal. Sesuai dengan nomor urut raihan suara, pengganti Rijal yang juga mantan Ketua DPD Nasdem Lotim yakni Hj Cahaya Suryani asal Jerowaru. Saat ini proses pergantian sedang dilakukan dan tinggal menunggu pelantikan. “Pelantikan tinggal menunggu SK dari Gubernur NTB,” tandasnya. (ton/r2)

Berita Lainnya

Memahami Potensi Pemuda

Redaksi LombokPost

IGI Pertanyakan Kebijakan Sukiman

Redaksi LombokPost

26 Oven Untuk Petani Tembakau Lotim

Redaksi LombokPost

Pembangunan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi LombokPost

4564 Honorer Lotim Akan Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Akhirnya Darmaga Labuhan Haji Dikeruk Juga!

Redaksi LombokPost

Ditilang, Siswa Madrasah Nangis Minta Pulang

Redaksi LombokPost

SKD Selesai, Banyak Formasi CPNS Lowong

Redaksi LombokPost

Waspada Calo PNS !

Redaksi LombokPost