Lombok Post
Giri Menang

Pemdes Rumak Siapkan Insentif bagi Guru Ngaji

Maskur

GIRI MENANG-Pemerintah desa harus punya inisiatif dan inovasi dalam menjalankan programnya. Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Desa Rumak Kecamatan Kediri.

“Ada tiga fokus program kami di Desa Rumak. Pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan,” jelas Sekretaris Desa Rumak Maskur.

Dengan total anggaran Rp 1,6 miliar di tahun 2018, Pemerintah Desa Rumak sudah merealisasikan sejumlah program. Di antaranya program infrastruktur sekitar 40 persen untuk pembangunan jalan rabat, sanitasi hingga paping blok.

Untuk bidang pembinaan, pemerintah desa di tahun ini telah mengaggarkan untuk pembinaan kader posyandu, pembinaan keamanan dengan perbaikan lampu penerang hingga pembinaan guru ngaji. Dimana, khusus untuk guru ngaji, pemerintah desa memberikan insentif per tahun.

“Nggak banyak jumlahnya sekitar Rp 600 ribu per tahun. Itu untuk 25 guru ngaji,” bebernya.

Jumlah tersebut dirasakan memang jauh dari layak. Jika dilihat dengan apa yang telah dilakukan para guru ngaji. Namun itu sebagai stimulus untuk membantu para guru ngaji.

“InsyaAllah dalam waktu dekat kami juga akan memberikan bantuan sarana prasarana untuk belajar mengajar mengaji. Mulai  dari alquran, dan tikar bagi anak-anak untuk belajar ngaji,” jelasnya.

Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat, ada program pelatihan ekonomi makro seperti pelatihan sablon. Kegiatan ini melibatkan sekitar 20 peserta dari seluruh dusun yang ada di desa ini. Harapannya, keterampilan yang didapatkan warga bisa menjadi modal mereka untuk mencari nafkah bagi keluarganya. Pemberdayaan lainnya yang dilakukan pemerintah desa di antaranya pembangunan lapangan voli, pengadaan sarana olahraga tenis meja, dan yang lainnya.

Maskur menjelaskan anggaran Rp 1,6 miliar didapat dari Alokasi Dana Desa, Dana Desa, hingga hasil pajak dan Pendapatan Asli Desa (PADes). (ton/r3)

Berita Lainnya

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost

Harga Kedelai dan Kacang Tanah Melonjak

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Tiga Desa dan Dua Sekolah Diaudit Khusus

Redaksi LombokPost

PJU di PLTU Jeranjang Segera Dibangun

Redaksi LombokPost

Pemancing Diduga Hanyut di Perairan Labuan Poh

Redaksi LombokPost

Sinyal Mutasi Makin Menguat

Redaksi LombokPost

Sekolah Terdampak Gempa Belum Diperhatikan

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Butuh Lebih Banyak Huntara

Redaksi LombokPost