Lombok Post
Giri Menang

LPM Desa Gunung Sari Cegah Pernikahan Dini

Rahman Hakim

GIRI MENANG-Kasus pernikahan dini di Desa Gunungsari masih kerap terjadi. Padahal pernikahan dini, selain berdampak pada kesehatan ibu dan anak, juga berpengaruh pada kematangan psikologis pasangan tersebut dalam berumahtangga.

Untuk menekan kasus pernikahan usia dini, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Gunung Sari menyiapkan beberapa langkah antisipasi. “Kami melakukan sosialisasi kesehatan yang terkait dengan pernikahan dini,” ungkap Ketua LPM Desa Gunung Sari Rahman Hakim.

LPM juga mendata anak usia subur. Kemudian mereka mendatangi orang tuanya bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat. Para orang tua ini diberi pemahaman agar tetap mengawasi anak yang sedang mengalami masa transisi.

“Terus terang psikologis anak saat ini banyak terpengaruh oleh dunia maya. Peran orang tua sangat penting untuk mengawasi dan mendampingi anak menuju dewasa,” paparnya.

Pemerintah desa juga membentuk kelompok pengajian, yang nantinya menjadi salah satu wadah pengawasan sosial di tingkat RT. Selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan sejumlah sekolah.

“Kami rutin sosialisasi ke beberapa sekolah untuk mencegah pernikahan dini. Kami juga menggandeng pondok pesantren dan ulama,” terang dia. (ton/r3)

Berita Lainnya

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost

Harga Kedelai dan Kacang Tanah Melonjak

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Tiga Desa dan Dua Sekolah Diaudit Khusus

Redaksi LombokPost

PJU di PLTU Jeranjang Segera Dibangun

Redaksi LombokPost

Pemancing Diduga Hanyut di Perairan Labuan Poh

Redaksi LombokPost

Sinyal Mutasi Makin Menguat

Redaksi LombokPost

Sekolah Terdampak Gempa Belum Diperhatikan

Redaksi LombokPost

Korban Gempa Butuh Lebih Banyak Huntara

Redaksi LombokPost