Lombok Post
Metropolis

Tips Merawat Kesehatan Gigi

drg Ricka Dwitrayani

MATARAM-Menjaga kebersihan mulut dan gigi harus dilakukan. Menjaga kebersihan gigi artinya juga menjaga kesehatan tubuh.

Pasalnya, mulut menjadi saluran pertama masuknya asupan gizi dan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jika kondisi mulut dan gigi tidak bersih, maka bakteri yang terbentuk di dalam mulut akan terbawa ke dalam tubuh. Sehingga, dapat menimbulkan berbagai risiko gangguan kesehatan.

drg Ricka Dwitrayani akan membagikan tips dan trik, tentang cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Yang paling penting harus dilakukan adalah dengan menyikat gigi secara rutin.

“Menyikat gigi wajib dilakukan dua kali sehari,” kata drg Ricka pada Lombok Post.

Waktu menyikat gigi yang paling disarankan adalah pagi hari setelah sarapan, serta malam hari sebelum tidur. Ini bertujuan mencegah terbentuknya plak pada gigi. Jika dibiarkan, plak pada gigi dapat menyebabkan karies gigi, gigi berlubang, hingga bau mulut.

“Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan dental floss (benang gigi),” jelas perempuan cantik ini.

Fungsi dental floss (benang gigi) ini hampir serupa dengan sikat gigi yang Anda miliki. Tetapi, benang gigi memiliki fungsi yang lebih dari itu. Yakni dapat membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Tak hanya itu saja, obat kumur juga bisa Anda gunakan untuk menyempurnakan perawatan gigi dan mulut. Selain membasmi kuman dalam mulut, obat kumur juga bisa menyegarkan mulut.

“Langkah selanjutnya, konsumsilah makanan sehat,” ungkap drg Ricka.

Mengkonsumsi makanan sehat, wajib hukumnya. Karena kesehatan mulut dan gigi, juga ditentukan oleh apa yang kita konsumsi sehari-hari. Maka dari itu, pilihkan makanan yang menyehatkan. Contohnya saja, konsumsilah sayur-sayuran, buah-buahan.

“Ingat jangan konsumsi makanan yang terlalu pedas,” tambahnya. Terakhir, periksalah gigi Anda ke dokter gigi terdekat setiap enam bulan sekali. (tea/r3)

Berita Lainnya

2.368 Formasi CPNS Bakal Lowong

Redaksi Lombok Post

EMAS HITAM DARI NTB

Redaksi Lombok Post

Liburan ke Pantai Penghulu Agung Ampenan Juga Asyik Loo..!!

Redaksi LombokPost

Hasil Produksi Langsung Dibeli Pengusaha

Redaksi LombokPost

DBD Bisa Jadi Ancaman Serius Pengungsi

Redaksi Lombok Post

Ahyar Tidak Puas dengan Hasil CPNS

Redaksi Lombok Post

PLN Luncurkan Layanan Satu Pintu

Redaksi Lombok Post

Hanya Ngebut di Depan Jokowi, Perbaikan Rumah Korban Gempa Lamban

Redaksi Lombok Post

Nuril pun Menangis, Aksi Bela Nuril Terus Mengalir

Redaksi Lombok Post