Lombok Post
Praya

Pelaku Pariwisata Kompak Bantu Korban Gempa

PRAYA-Bantuan untuk korban gempa di Lombok Timur dan Lombok Utara terus berdatangan dari berbagai pihak. Para pelaku pariwisata yang mulai dari Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) NTB, HPI, IHGMA, APII hingga Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB menggalang bantuan.

Selain diserahkan secara terpisah, bantuan disatukan di Kantor BPPD NTB di Jalan Langko Mataram untuk disalurkan secara bersama-sama. Sore  kemarin misalnya Ketua BPPD NTB TGH Fauzan Zakaria datang ke Sambelia bersama rombongan untuk mengantarkan bantuan.

“Alhamdulillah Ketua BPPD dan Pengurus APII NTB turun  membantu korban gempa hari ini di Kecamatan Sambelia,” ujar Fauzan kemarin.

Selain itu BPPD bersama Komunitas Sehati juga menggelar malam penggalangan dana di kawasan wisata Batulayar, Lobar. Penggalangan dana dilakukan di salah satu konter oleh-oleh Sasaku dalam bentuk konser amal. Hasilnya selain dalam bentuk uang tunai langsung, tanyangan konser amal yang disiarkan melalui media sosial juga menggugah para donator di luar NTB untuk membantu.

“Ini bentuk kepedulian kami para pelaku pariwisata untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana,” sambung Direktur Eksekutif BPPD NTB Fahrurrozi Gaffar kemarin.

Sementara itu di Lombok Tengah Palang Merah Indonesia, ITDC, Persatuan Bajang Rambitan, Tim Reaksi Cepat, Pemkab hingga unsur pengurus partai politik turun membantu.

“Untuk sementara waktu, kami salurkan ke Desa Belanting, Obel-Obel dan Sembalia,” beber H Sumum, Sekretaris PMI Loteng pada Lombok Post, kemarin (31/7).

Bentuknya, bebernya lagi berupa terpal, selimut, sembako hingga pengobatan gratis. Para pengurus dan anggota PMI pun siaga di lokasi bencana. “Kalau kami lebih kepada tenaga,” sambung Ketua TRC Loteng HL Muhammad Amin, terpisah.

Maksudnya, terang Amin para TRC bekerja sama dengan relawan lainnya, guna mengidentifikasi jumlah korban dan jumlah kerusakan rumah, baik ringan, sedang maupun berat. Setelah itu, dilaporkan kepada pihak yang berwenang. “Alhamdulillah, kami dari warga Desa Rambitan, yang tergabung dalam PBR melakukan hal yang sama juga,” cetus tokoh PBR Lalu Wiraksa.

Yang disalurkan, ungkap Wiraksa berupa tikar, air kemasan, susu bayi, mi dan selimut. Jumlahnya satu truk. “Kalau dari pemerintah, Bupati sudah menggalang bantuan dan sudah disalurkan,” tambah Kabag Humas dan Protokol Setda Loteng HL Herdan.

Senada dikatakan Adi Sujono, Deputy Project Direktor KEK Mandalika. Ia mengatakan, ITDC sebagai perusahaan milik negara juga, tidak tinggal diam. Senin (30/7) lalu, ITDC menggelontorkan bantuan secara besar-besaran, dari obat-obatan, kebutuhan pribadi seperti pembalut. Kemudian, bahan makanan dan minuman.(dss/r2)

Berita Lainnya

Korban Gempa Tagih Janji Jokowi

Redaksi LombokPost

Bantuan Air Bersih Dihentikan

Redaksi LombokPost

Pilkades Serentak Harus Dievaluasi

Redaksi LombokPost

Waspada Banjir Kiriman!

Redaksi LombokPost

Jangan Larang Anak-Anak Masuk Masjid

Redaksi LombokPost

Dinas Pendidikan Loteng Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Redaksi LombokPost

Hujan Datang, Longsor Mengancam

Redaksi LombokPost

Anggaran Tidak Terduga Tetap Tersedia

Redaksi LombokPost

PAD Bocor, Pemkab Libatkan BPK

Redaksi LombokPost