Lombok Post
Tanjung

Sebagian Besar Korban Luka Gempa Bumi Sudah Boleh Pulang

OBATI: Petugas kesehatan dari Puskesmas Pemenang mengobati warga yang terluka karena gempa di Dusun Bual, Desa Bayan, Senin (30/7) lalu.

TANJUNG-Korban luka-luka akibat gempa yang dirawat di sejumlah puskesmas kondisinya sudah membaik. Bahkan sudah ada beberapa diantaranya diizinkan pulang.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara Khaerul Anwar mengungkapkan, dari jumlah korban luka sebanyak 73 orang, sebagian besar sudah diperbolehkan pulang. ”Yang luka-luka sudah dipulangkan,” tegasnya, kemarin (31/7).

 Kata dia, saat ini tinggal beberapa orang korban saja yang masih harus dirawat. Yakni, enam orang di Puskesmas Senaru dan tiga orang di Puskesmas Bayan. ”Untuk yang luka berat masih dirawat di RSUD Tanjung dan RSUD NTB di Mataram,” imbuhnya.

Menurut Khaerul, untuk obat-obatan dipastikan aman karena masih ada stok. Selain itu, Kemenkes juga akan menyalurkan bantuan seperti obat-obatan dan makanan untuk bayi. ”Dari Kemenkes akan memberikan satu ton makanan pendamping ASI (MPASI),” katanya.

 Lebih lanjut, Khaerul mengatakan tim kesehatan dari gabungan delapan puskesmas kecuali Senaru tetap turun ke lokasi yang dijadikan tempat pengungsian warga. Tim kesehatan ini turun melakukan pengobatan ke warga yang menderita luka-luka akibat gempa bumi. Karena ada beberapa warga yang belum turun untuk berobat, sehingga pihaknya melakukan kunjungan langsung ke lokasi pengungsian warga.

”Kita tetap turun ke dusun-dusun untuk memberikan pengobatan dan menyalurkan bantuan MPASI untuk bayi,” pungkasnya. (puj/r7)

Berita Lainnya

50 Orang Dilatih Jadi Aplikator Risha

Redaksi LombokPost

Rekruitmen P3K Diharapkan Bisa Mulai Tahun Depan

Redaksi LombokPost

Kantor Sementara DPRD Mulai Dibangun

Redaksi LombokPost

Warga Dusun Boyotan Terancam Tak Dapat Rp 50 Juta

Redaksi LombokPost

Baru 40 Sekolah Rusak Berat Dirobohkan

Redaksi LombokPost

Sekda Izinkan Huntara BUMN yang Tak Ditempati Dibongkar, Asal…

Redaksi LombokPost

Empat Puskesmas Darurat Mulai Beroperasi

Redaksi LombokPost

7.000 Petisi Penolakan Juknis Bantuan Gempa

Redaksi LombokPost

Pelebaran Jalan Ganggu Distribusi Air

Redaksi LombokPost