Lombok Post
Giri Menang

Tak Bayar Pajak, Usaha Ditutup

HM Taufiq

GIRI MENANG-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin (3/8) menyambangi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Kepada jajaran Pemkab Lobar, KPK memberi instruksi untuk menertibkan pajak, khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selain itu KPK juga memperingati potensi penyelewengan anggaran di dalam struktur pemerintahan.

“Kewajiban pengusaha yaitu membayar pajak kepada negara. Bagi pengusaha yang nakal jangan diperpanjang izin usahanya,” ujar Deputi Pencegahan Korupsi KPK RI, Nana Mulyana saat bertemu jajaran OPD Pemkab Lobar di Ruang Jayangrane Kantor Bupati Lobar.

KPK juga menyindir pejabat daerah yang kerap main mata dengan para pengusaha. Praktek ini akan menjadi perhatian serius bagi KPK.

Nana Mulyana juga mengungkapkan sejumlah potensi penyelewengan anggaran di dalam struktur pemerintahan. Salah satunya saat pengangkatan pejabat pengadaan barang. Menurutnya sesuai ketentuan, para calon minimal memiliki sertifikasi pengadaan barang dan jasa.

“Paling tidak dua tahun, karena mereka pasti mengerti proses pengadaan dan menghindari main curang,” jelasnya.

Sekda Lobar H Moh Taufiq menegaskan tidak akan memberikan toleransi kepada para pengusaha yang tidak menaati kewajibannya. “Izin usaha bagi pengusaha nakal yang tidak membayar pajak tidak akan diperpanjang. Bahkan usahanya akan ditutup,” tegas Taufiq.

Saat ini Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Lobar sedang mendata surat izin semua usaha di wilayah Lobar. Selanjutnya mereka yang menunggak pajak akan diberikan peringatan.

“Kami tidak akan memperpanjang izin usahanya jika mereka belum melunasi utang pajak,” timpal Kepala Bappenda Lobar Hj Lale Prayatni.

Dikatakan Lale, pengusaha yang menunda membayar pajak paling banyak bergerak di bidang usaha penginapan, dan restoran. Terhadap mereka, Pemkab Lobar akan menindak tegas.

Sumber PAD Lobar saat ini didapat dari retribusi ITPMB, IMB dan HO. Namun dengan dihapusnya HO tahun ini berarti hanya tersisa dua sumber pendapatan. (ton/r3)

Berita Lainnya

Perawatan Jalan Memang Tak Maksimal

Redaksi LombokPost

Dekat PLTU, Jalur ke Jeranjang Malah Gelap Gulita

Redaksi LombokPost

Tekan Kemiskinan, Eksekutif dan Legislatif Harus Bersinergi

Redaksi LombokPost

Calon PNS Siapkan Diri, Tes SKB Digelar Sehari

Redaksi LombokPost

Jaspel Puskesmas Gunungsari Tersumbat

Redaksi LombokPost

Hotel di Senggigi Mulai Bangkit

Redaksi LombokPost

Empat Bulan Tersiksa di Pengungsian

Redaksi LombokPost

Giliran Warga Langko Gedor Kantor Desa

Redaksi LombokPost

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost