Lombok Post
Ekonomi Bisnis

Tingkat Hunian Hotel Berbintang Menurun

SEPI: Suasana di salah satu hotel berbintang di Kota Mataram, kemarin (2/8).

MATARAM-Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di NTB pada Juni 2018 mengalami penurunan. Badan Pusat Statistik (BPS) NTB mencatat TPK hotel berbintang menurun 4,61 persen. Pada Bulan Mei TPK hotel berbintang mencapai 54,06 persen, sedangkan Juni hanya 46,56 persen.

“Sedangkan TPK hotel nonbintang sebesar 6,57 persen, lebih tinggi jika dibandingkan TPK hotel berbintang,” kata Kepala BPS NTB Endang Tri Wahyuningsih.

Menurunnya TPK hotel berbintang ini, dinilai Endang, karena kebanyakan wisatawan lebih memilih menginap di hotel nonbintang. Dari data Juni lalu, hotel berbintang hanya menampung sebanyak 71.213 tamu. Sedangkan hotel nonbintang menampung lebih dari 100 ribu tamu.

“Dari data yang ada bisa kita lihat, tamu wisatawan luar negeri lebih banyak didominasi oleh para backpacker. Dimana, mereka hanya tinggal sebentar saja, sehingga banyak yang memilih hotel nonbintang,” jelasnya.

Dari data kumulatif jumlah tamu menginap hingga Juni 2018, tercatat sebanyak 450.229 tamu yang menginap di hotel berbintang. Mereka terbagi dalam 338 ribu tamu dari dalam negeri, dan 111 ribu wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk hotel nonberbintang, tercatat sebanyak 571.143 tamu, terdiri dari 338 ribu wisatawan dalam negeri, dan 180 wisatawan asing.

Menanggapi menurunnya jumlah TPK di sejumlah hotel berbintang, General Manager (GM) Golden Palace Hotel Ernanda Agung ini mengaku tak bisa membandingkan menurunnya jumlah tamu hanya hitungan per bulan. Sebab, yang digunakan sejumlah hotel berbintang untuk mengetahui tinggi tidaknya jumlah hunian, berdasarkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

“Data Juni 2018 dibandingkan dengan Juni 2017, itu metode yang biasa kami gunakan. Ini hanya perbedaan metode saja, dan bukan berarti data dari BPS ini salah,” kata Ernanda, sapaan akrabnya pada Lombok Post, kemarin (2/8).

Wakil Ketua PHRI NTB ini mengaku jika menggunakan metode yang biasa digunakan hotel-hotel, tingkat hunian tamu di hotel berbintang justru mengalami kenaikan. “Kalau kami bandingkan pada tahun lalu di bulan yang sama, justru ada kenaikan,” pungkasnya. (tea/r3)

Berita Lainnya

BPJS TK NTB Gelar Pasar Murah 2.046 Paket Sembako

Redaksi Lombok Post

BPJSTK NTB Lindungi 25.545 Pekerja Migran Indonesia

Redaksi Lombok Post

BCA Salurkan CSR Untuk Korban Gempa Lombok

Redaksi Lombok Post

ILBB-Ancora Foundation Bantu Korban Gempa Lombok

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Soft Opening Jannah Tour and Travel Meriah

Redaksi LombokPost

Masyarakat Didorong Gunakan Produk Lokal

Redaksi LombokPost

FWD Life Resmi Hadir di Lombok

Redaksi Lombok Post

Golden Palace Hotel Dikunjungi Wakil Duta Besar Australia

Redaksi Lombok Post