Lombok Post
Ekonomi Bisnis Headline

Harga Bahan Bangunan Dipastikan Stabil

ANGKUT SEMEN: Sejumlah buruh tengah mengangkut semen ke dalam gudang penyimpanan milik PT Lombok Jaya Persada di Jalan TGH Saleh Hambali, Sandubaya, Kota Mataram, kemarin (5/9).

MATARAM-Guna ‎memastikan harga bahan bangunan di NTB stabil, Dinas Perdagangan (Disdag) NTB, Satgas Pangan Direskrimsus Polda NTB, dan sejumlah pihak lainnya melakukan pantauan langsung ke sejumlah distributor. Tidak hanya mengecek ketersediaan bahan bangunan, tim juga memantau perkembangan harga.

“Kami sudah turun ke sejumlah distributor, sejauh ini stok bahan bangunan cukup melimpah,” kata Ketua Tim Satgas Pangan Polda NTB AKBP Syamsuddin Baharudin, kemarin (5/9).

Syamsuddin memastikan, tidak terjadi kenaikan harga bahan bangunan di tingkat distributor. Sejauh ini harga bahan bangunan masih normal, sama seperti sebelum gempa terjadi.

“Mereka (distributor) telah memastikan dan berjanji tidak menaikkan harga,” tuturnya.

Pihaknya akan terus melakukan pengawasan. Tidak hanya di tingkat distributor, bahkan hingga ke tingkat pengecer. Pihaknya ingin menjamin, tidak ada oknum yang memanfaatkan tingginya permintaan bahan bangunan untuk mendapatkan keuntungan melimpah.

Pihaknya juga meminta kepada para distributor bahan bangunan untuk memperbanyak stok. Sebab dalam waktu dekat ini, dipastikan bakal terjadi lonjakan permintaan bahan bangunan seiring dimulainya pembangunan terhadap bangunan dan fasilitas yang rusak akibat gempa.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) NTB Hj Putu Selly Andayani ‎juga menegaskan pihaknya akan terus menjaga ketersediaan stok bahan bangunan. Bahkan hari ini, Disdag bersama sejumlah distributor akan menggelar operasi pasar (OP) bahan bangunan di sejumlah wilayah.

“Kami akan gelar operasi pasar, guna memastikan stabilitas harga bahan bangunan,”kata Selly pada Lombok Post.

Ia mengaku, operasi pasar bahan bangunan akan difokuskan di wilayah terdampak gempa. Seperti Lombok Utara, Lombok Timur (Lotim), dan beberapa wilayah terdampak lainnya.

“Pagi ini (hari ini, red) kami akan gelar operasi pasar di Pasar Tanjung,” tuturnya.

Dalam operasi pasar ini akan dijual sejumlah bahan bangunan dengan harga murah. Seperti semen, seng, dan bahan bangunan lainnya.

“Nanti ada diskon 5 persen, dan kami pastikan harga bangunannya sesuai dengan harga pabrik,” terangnya.

Operasi pasar bahan bangunan ini, rencananya akan b‎erlangsung selama satu bulan. (tea/r3)

Berita Lainnya

Jasad Bayi Membusuk di Bukit Korea

Redaksi LombokPost

Polda NTB Berikan Data Penyidikan ke Bareskrim

Redaksi LombokPost

Waspada Banjir Kiriman!

Redaksi LombokPost

Dinas Pendidikan Loteng Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Redaksi LombokPost

Waspada Calo PNS !

Redaksi LombokPost

Sosialisasikan Migrasi Aman Dengan Drama Rudat

Redaksi LombokPost

Sukiman Ungkap Kekecawaan di Hari Pahlawan

Redaksi LombokPost

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Baru Satu Kabupaten Ajukan UMK

Redaksi LombokPost