Lombok Post
Metropolis NTB

Belum Ada Kepastian dari Kemendagri Terkait Pelaksana Harian (Plh) Gubernur NTB

H Irnadi Kusuma

MATARAM-Sekda NTB H Rosiady Sayuti berpeluang ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Gubernur NTB. Itu terjadi bila pelantikan gubernur terpilih lewat dari 17 September.

”Kalau Plh biasanya sekda,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB H Irnadi Kusuma, kemarin (11/9).

Meski begitu, belum ada informasi resmi kapan waktu pelantikan dan siapa yang akan ditunjuk menjadi Plh Gubernur. Masa jabatan Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi sendiri akan berakhir 17 September mendatang.

Selain Sekda NTB, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga bisa menunjuk pejabat eselon I dari pusat. Hanya saja, kewengan Plh sangat terbatas. Dia tidak bisa mengambil kebijakan strategis seperti mutasi pejabat. ”Sifatnya hanya mengawal administrasi (pembangunan) saja,” katanya.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi tekait hari pelantikan gubernur terpilih. Pihaknya terus memantau perkembangan informasi, baik di Kemendagri maupun protokoler istana.

Informasi pelantikan 27 September menurut Irnadi belum pasti. Jadwal yang disediakan Kemendagri antara 17 sampai 27 September mendatang. Ia tidak tahu di tanggal berapa akan dilantik.
”Itu waktu yang disediakan,” katanya.

Asisten I Setda NTB M Agus Patria menerangkan, meski kewenangan Plh terbatas, namun tetap saja seorang gubernur. Baik itu Plh, penjabat, atau pelaksana tugas (Plt) tetap mewakili daerahnya. Dia yang bertanggungjawab atas penyelenggaraan pemerintahan.

”Terkait siapa yang akan ditunjuk, tergantung Kemendagri,” ujarnya.

Meksi dipimpin Plh, pemerintahan tidak akan terganggu. Sebab pejabat yang ditunjuk tinggal menjelankan program yang sudah ada. Termasuk penanganan bencana, seorang Plh tinggal memastikan rencana-rencana program berjalan dengan baik. (ili/r7)

Berita Lainnya

Taksi Online Jangan Parkir Sembarangan!

Redaksi LombokPost

Bantuan Jadup Urung Disalurkan

Redaksi LombokPost

Pajak Panelnya Dihapus Dong!

Redaksi LombokPost

Pajabat Daerah Bisa Lebih “Kebal”?

Redaksi LombokPost

Perang saat Ini Adalah Melawan Kemiskinan

Redaksi LombokPost

DKP Klaim Tidak Terlibat Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Kapal Nelayan

Redaksi LombokPost

Petakan Daerah Rawan ISPA dan Diare

Redaksi LombokPost

Rajin Blusukan ke Sejumlah Sentra Kerajinan Tenun

Redaksi LombokPost

Kreatif..!! Babinsa di Mataram Ganti BBM Motor Dengan Elpiji 3 Kg

Redaksi LombokPost