Lombok Post
Pendidikan

500 Mahasiswa UNW Ikuti PERTAMA

PERTAMA: Ratusan mahasiswa UNW mengikuti Risalah Ta’arruf Mahasiswa Baru (PERTAMA) tahun akademik 2018/2019 di kampus setempat, kemarin (20/9).

MATARAM-Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram melaksanakan

pembukaan Pekan Risalah Ta’arruf Mahasiswa Baru (PERTAMA) tahun akademik 2018/2019. Kegiatan ini mengangkat tema ‘Membangun karakter untuk mengubah paradigma, menanamkan etika dan memupuk tanggungjawab’.

Kegiatan PERTAMA diikuti 500 orang mahasiswa yang berlangsung di halaman kampus setempat.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh dekan, wakil dekan, dan kaprodi dilingkungan UNW Mataram. Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Drs H Muhammad Syukri, M.M.Pd menyampaikan struktur organisasi UNW Mataram.

UNW Mataram didirikan 1987 di Mataram. Pendirian Universitas ini bermula dari adanya kebutuhan masyarakat di  NTB. Khususnya warga Nahdlatul Wathan (NW) akan pendidikan tinggi yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar mampu menumbuhkembangkan potensi wilayah NTB. “Ini menjadi salah satu keinginan mendirikan UNW,” terangnya.

Hal tersebut kata Syukri, mendapat respons positif dari para pengurus organisasi NW yang kemudian membentuk Yayasan Pembina UNW Mataram. Yakni Yayasan Pendidikan Darul Mujahidin NW Mataram. Keinginan kuat tersebut dapat meyakinkan pemerintah, sehingga terbit surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0389/O/1991 tertanggal 22 Juni 1991 tentang pemberian status terdaftar UNW Mataram.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi Akademik (BAAK) UNW Mataram Muhammad Zaenul Fahmi.,S.Pd.M.Pd menyampaikan materi pengenalan sistem pendidikan di perguruan tinggi.  Materi disampaikan sesuai amanat Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti no 413/B/SE/VII/2018. Yakni salah satunya tentang sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Pengenalan nilai budaya, etika tata krama, dan norma kehidupan di kampus. “Selain  itu juga  tentang hak dan kewajiban mahasiswa selama kuliah di UNW Mataram,” ucapnya.

Selain materi umum, Fahmi juga menyampaikan materi khusus terkait dengan etika sebagai mahasiswa di UNW Mataram. “Kegiatan PERTAMA UNW Mataram 2018 selain dilakukan di dalam ruangan juga dilakukan di halaman,” tutupnya. (jay/*)

Berita Lainnya

Santri Al Ikhlas Taliwang Didorong Kuasai IT

Redaksi Lombok Post

Santri di Sumbawa Belajar IT

Redaksi Lombok Post

Santripreneur Ajak Santri Gunakan Teknologi secara Bijak dan Optimal

Bakti Kominfo Dekatkan Santri dengan Teknologi IT

Redaksi Lombok Post

Ponpes Islahuddiny Dorong Santri Kuasai IT untuk Berwirausaha

Kasek Harus Memiliki Sertifikat Cakep Nasional

Redaksi LombokPost

Jurusan Pertanian SMKN 7 Mataram Kurang Diminati

Redaksi LombokPost

KBM di Kota Mataram Mulai Normal

Redaksi LombokPost

Bantuan Kemendikbud Untuk Guru PNS Rp 1,5 Juta, Honor Rp 2 Juta

Redaksi Lombok Post