Lombok Post
Pendidikan

Jurusan Pertanian SMKN 7 Mataram Kurang Diminati

M Zulkarnain

MATARAM-Beberapa program keahlian SMK Negeri  di Kota Mataram belum terpenuhi siswanya dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 lalu. Minimnya jumlah siswa ini tidak lepas dari program keahlian yang dibuka di sekolah. “Kita di sini program keahlian Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis Perikanan kurang peminatnya,” kata Kepala SMKN 7 Mataram M Zulkarnain, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, sekolah menjaring siswa dengan program keahlian yang lain. Untuk program keahlian dalam bidang pertanian kata Zul, jumlahnya minim. Ia menyebutkan, jumlah siswa di jurusan Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian hanya 15 orang. Menurutnya, jika ingin peminatnya cukup banyak  maka jurusan yang dibuka disesuaikan dengan keberadaan dunia usaha dunia industri (DUDI). Di wilayah sekitar sekolah banyak pertokoan. Jadi menurut Zul yang progres untuk dibuka jurusan pemasaran dan akuntansi. “Kalau menurut saya yang paling cocok di sini bidang ekonomi,” tuturnya.

Namun demikian ia tetap jalan meski siswa minim. Bergerak dibidang pertanian cukup berat. Karena di sebelah utara sekolah ada SMKPPN Mataram. Apalagi jia menyebut pertanian pasti orang hanya mengenal SMKPPN  Mataram. “Kalau pertanian pasti SMKPP, sebutnya.

Bergerak dibidang pertanian membutuhkan praktik. Harus memiliki lahan luas. Namun demikian ia mengaku fasilitas praktik di SMKPNN Mataram, terutama jurusan Agribisnis Teknologi Hasil Pertanian cukup lengkap. “Kami di sini alat paktik jurusan ini cukup lengkap,” akunya.

Sementara jurusan Agribisnis Perikanan ia sudah rembuk dengan guru untuk menyewa lahan. Membuat kolam ikan sebagai tempat praktik siswa. “Hasilnya bisa untuk sekolah, sekaligus menjadi tempat praktik siswa,” tutupnya. (jay)

Berita Lainnya

Santri Al Ikhlas Taliwang Didorong Kuasai IT

Redaksi Lombok Post

Santri di Sumbawa Belajar IT

Redaksi Lombok Post

Santripreneur Ajak Santri Gunakan Teknologi secara Bijak dan Optimal

Bakti Kominfo Dekatkan Santri dengan Teknologi IT

Redaksi Lombok Post

Ponpes Islahuddiny Dorong Santri Kuasai IT untuk Berwirausaha

Kasek Harus Memiliki Sertifikat Cakep Nasional

Redaksi LombokPost

500 Mahasiswa UNW Ikuti PERTAMA

Redaksi LombokPost

KBM di Kota Mataram Mulai Normal

Redaksi LombokPost

Bantuan Kemendikbud Untuk Guru PNS Rp 1,5 Juta, Honor Rp 2 Juta

Redaksi Lombok Post