Lombok Post
Pendidikan

Kasek Harus Memiliki Sertifikat Cakep Nasional

H Mohammad Sidik

MATARAM-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram mulai kebingungan dengan pengangkatan kepala sekolah (kasek) tahun depan. Gimana tidak, pengangkatan kasek ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kini, kasek harus memiliki sertifikat nasional. “Kalau dulu kan bisa sertifikat calon kepala sekolah (cakep) dari sini,” kata Kabid Dikdas Disdik Kota Mataram H Lalu Mohammad Sidik, kemarin (20/9).

Diungkapkan, tahun ini puluhan kasek akan pensiun. Jadi, mau tidak mau kasek ini harus ada penggantinya. Tapi yang membuat ia bingung karena kasek sekarang harus memiliki sertifikat cakep nasional. Sementara di satu sisi, belum ada satu pun kasek yang memiliki sertifikat nasional. “Kita bingung mau mengangkat kasek jika aturannya seperti ini,” ujarnya.

Dari informasi yang didapatkan koran ini, beberapa guru yang diangkat menjadi kasek ini tidak memiliki sertifikat cakep. Namun ia tetap bisa menjadi kasek. Nah sekarang ini apakah akan berlaku kembali aturan ni.  Meski tidak memiliki sertifikat nasional, guru bisa diangkat menjadi kasek.

Disinggung soal LPMP Mataram dengan Disdik Kota Mataram yang kerap melaksanakan tes cakep. Ia mengatakan, sekarang tidak berlaku lagi. Karena kasek yang akan diangkat ini harus memiliki cakep.

Sidik tidak tahu persis berapa jumlah kasek yang akan pensiun tahun ini. Namun yang jelas kata dia, kasek yang pensiun tahun ini cukup banyak. Dan ini harus ada penggantinya. (jay)

Berita Lainnya

Santri Dilatih Gunakan IT dengan Bijak

Redaksi Lombok Post

Santri Al Ikhlas Taliwang Didorong Kuasai IT

Redaksi Lombok Post

Santri di Sumbawa Belajar IT

Redaksi Lombok Post

Santripreneur Ajak Santri Gunakan Teknologi secara Bijak dan Optimal

Bakti Kominfo Dekatkan Santri dengan Teknologi IT

Redaksi Lombok Post

Ponpes Islahuddiny Dorong Santri Kuasai IT untuk Berwirausaha

500 Mahasiswa UNW Ikuti PERTAMA

Redaksi LombokPost

Jurusan Pertanian SMKN 7 Mataram Kurang Diminati

Redaksi LombokPost

KBM di Kota Mataram Mulai Normal

Redaksi LombokPost