Lombok Post
Ekonomi Bisnis Headline

Distribusi Kartu Berlogo GPN Dekati Target

KARTU GPN: Salah seorang warga menunjukkan kartu debit berlogo GPN belum lama ini.

MATARAM-Penukaran kartu debit lama ke kartu debit atau ATM berlogo GPN mengalami peningkatan. Sejauh ini sudah ada 16.500 kartu berlogo GPN yang didistribusikan ke masyarakat.

“Nasabah yang menukarkan kartunya terus bertambah,” kata Kepala Tim Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) NTB Ocky Ganesia saat ditemui di ruangannya, kemarin (25/10).

Menurut Ocky, pihaknya menargetkan 17.500 kartu debit atau ATM berlogo GPN didistribusikan ke masyarakatan dari tanggal 28 Mei hingga 2 November. Diperkirakan target tersebut dapat terealisasi. Mengingat hingga bulan ini saja sudah terdistribusi 16,500 kartu debit atau ATM GPN.

“Kami bahkan optimis bisa melampaui target,” ujarnya.

Untuk mengejar target penukaran kartu debit atau ATM GPN, BI bersama perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan sosialisasi. Tidak hanya di Pulau Lombok bahkan juga sampai ke Pulau Sumbawa.

“Kami juga melakukan sosialisasi ke sejumlah kampus. Karena mahasiswa dan mahasiswi harus tahu apa itu kartu GPN,” tuturnya.

Menurutnya, proses penukaran kartu debit lama ke kartu debit berlogo GPN tidak membutuhkan waktu lama. “Cukup membawa kartu debit lama, buku tabungan, kartu identitas, akan langsung diproses,” terangnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Achris Sarwani menjelaskan kartu debit atau ATM GPN adalah sebuah sistem transaksi pembayaran yang terkoneksi dengan berbagai bank. Sehingga kartu debit atau ATM suatu bank, dapat digunakan di ATM/EDC/instrumen bank lain.

“Dari sisi keamanan, kartu debit atau ATM berlogo GPN ini sudah dilengkapi dengan teknologi chip. Sehingga lebih aman dan terhindar dari tindakan skimming atau penyalinan data, seperti yang terjadi pada kartu berteknologi magnetik,” tuturnya.

Peluncuran kartu debit atau ATM GPN dilakukan secara serentak di sejumlah daerah di Indonesia. Di NTB, saat peluncuran belum lama ini, dilayani penukaran sebanyak 500 kartu lama. Kampanye kartu debit atau ATM GPN di NTB akan berlangsung sampai 2 November. Selanjutnya BI mengharapkan masyarakat NTB sudah mulai menggunakan kartu debit atau ATM GPN karena seluruh perbankan telah menyediakan kartu baru berlogo GPN bagi nasabahnya. (tea/r3)

Berita Lainnya

Jasad Bayi Membusuk di Bukit Korea

Redaksi LombokPost

Polda NTB Berikan Data Penyidikan ke Bareskrim

Redaksi LombokPost

Waspada Banjir Kiriman!

Redaksi LombokPost

Dinas Pendidikan Loteng Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Redaksi LombokPost

Waspada Calo PNS !

Redaksi LombokPost

Sosialisasikan Migrasi Aman Dengan Drama Rudat

Redaksi LombokPost

Sukiman Ungkap Kekecawaan di Hari Pahlawan

Redaksi LombokPost

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Baru Satu Kabupaten Ajukan UMK

Redaksi LombokPost