Lombok Post
Ekonomi Bisnis Headline

Masyarakat Didorong Gunakan Produk Lokal

GORENG ROTI: Seorang pekerja tengah menggoreng roti yang sudah dibentuk di pabrik roti milik Pak Abi yang berlokasi di Babakan Barat, Kota Mataram, kemarin (29/10).

MATARAM-Masyarakat didorong untuk membeli produk yang dihasilkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal. Seperti bahan makanan, kerajinan, hingga perlengkapan sehari-hari.

“Barang-barang yang dihasilkanUMKM kita tidak kalah saing dengan barang-barang dari luar daera,” tegas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB H lalu Saswadi kemarin (29/10).

Ia menilai, jika masyarakat menggunakan produk lokal, maka akan mendorong perkembangan UMKM yang ada. Sehingga diharapkan UMKM tersebut dapat berkembang, sehingga memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi NTB.

Saswadi menegaskan, pihaknya terus berupaya mendukung perkembangan UMKM. Untuk itu pihaknya terus melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait. Di antaranya Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian NTB.

“Dengan demikian, produk yang dihasilkan UMKM kita bisa lebih berkualitas, sehingga konsumen tentunya bersedia membeli produk tersebut,” tandasnya.

Ia menambahkan, produk UMKM NTB bisa dipakai sehari-hari. Seperti misalnya batik sasambo. Batik ini dapat digunakan sebagai pakaian kerja.

“Jangan sampai kita menggunakan batik luar, padahal batik khas NTB lebih unggul,” tandasnya.

Agar penggunaan batik sasambo bisa maksimal, Saswadi akan berkoordinasi dengan para kepala daerah. Sehingga batik ini bisa dijadikan pakaian dinas para pegawainya.

“Jika disetujui, Diskop dan beberapa pihak lainnya akan melakukan sosialisasi penggunaan baju batik sasambo,” terangnya.

Kepala Disdag NTB Hj Putu Selly Andayani juga mendorong pemanfaatan produk yang dihasilkan UMKM lokal. Tidak hanya produk kerajinan, tapi juga produk pangan. Selain itu Selly juga mendorong pengolahan produk pangan menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

“Seperti jagung misalnya, bisa diolah di dalam daerah, misalnya menjadi tepung jagung, gula jagung, dan lainnya,” kata Selly. (tea/r3)

Berita Lainnya

Jasad Bayi Membusuk di Bukit Korea

Redaksi LombokPost

Polda NTB Berikan Data Penyidikan ke Bareskrim

Redaksi LombokPost

Waspada Banjir Kiriman!

Redaksi LombokPost

Dinas Pendidikan Loteng Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Redaksi LombokPost

Waspada Calo PNS !

Redaksi LombokPost

Sosialisasikan Migrasi Aman Dengan Drama Rudat

Redaksi LombokPost

Sukiman Ungkap Kekecawaan di Hari Pahlawan

Redaksi LombokPost

Bank Mandiri-Hiswana Migas-Pertamina Jalin Kerjasama

Redaksi Lombok Post

Baru Satu Kabupaten Ajukan UMK

Redaksi LombokPost