Lombok Post
Catatan Redaksi Headline Praya

KEK Mandalika Penyumbang PAD Terbesar

THE MANDALIKA: Salah satu areal publik The Mandalika di Pantai Kuta di Desa Kuta, Pujut Lombok Tengah kemarin (25/7). Kawasan ini merupakan bagian dari proyek penataan sempadan pantai Mandalika oleh ITDC.

PRAYA-Jika Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika  beroperasi total diyakini akan menjadi penyumbang  PAD terbesar di Lombok Tengah. Diperkirakan menembus angka Rp 1 triliun per tahun.

“Yang Nusa Dua Bali saja Rp 300 miliar per tahun. Jadi, kita optimis 3-4 kali lipat,” ujar H Adi Sujono, Deputy Project Direktor KEK Mandalika, kemarin (2/11).

Dari PAD yang diperoleh di Nusa Dua itulah, lanjut Adi diputar dan dikelola untuk pengembangan di KEK Mandalika. Baik infrastruktur jalan, fasilitas pendukung hingga hotel. Di KEK Mandalika sendiri, ITDC memiliki investasi hotel.

Harapannya, kata Adi agar memancing investor lain. Langkah semacam itu pun, menuai hasil. Sejumlah investor nasional dan asing mulai menanamkan investasi. Ada yang sudah menandatangani kontrak  kerja sama, Land Utilitization and Development Agreement (LUDA) dan sudah menunjukkan progres pembangunan.

Adi menekankan, tahun 2020 mendatang beberapa hotel berkelas dunia, sudah berdiri dan beroperasi. Saat ini pun, perputaran uang di KEK Mandalika mulai dirasakan warga dan pemerintah. “Kalau beberapa tahun kedepan atau 10 tahun kedepan, seperti apa. Ini luar biasa,” ujarnya lagi.

Bagi Adi, kemajuan KEK Mandalika bukan kepentingan sesaat ini saja. Melainkan, anak cucu kelak. “Dampak positif nya, tidak saja dirasakan warga Loteng. Tapi, NTB dan Indonesia pada umumnya,” cetus HL Pathul Bahri, Wakil Bupati Loteng, terpisah.

Dengan prediksi PAD sebesar itu, menurut Wabup maka dipastikan, angka kemiskinan di Loteng turun drastis. Bahkan, guru honor dan tenaga medis honor, akan mendapatkan penghasilan, lebih dari pegawai negeri sipil (PNS). “Lihat saja,” ujarnya.(dss/r2)

Berita Lainnya

PAD Lobar Turun Drastis

Redaksi LombokPost

Pendakian Rinjani Dibuka, Warga Gembira

Redaksi LombokPost

Wabup Pathul Minta Genjot Program Kerja

Redaksi LombokPost

Warga Mulai Tempati Risha dan Riko

Redaksi LombokPost

Loteng Butuh Banyak PNS Baru

Redaksi LombokPost

Balap Mobil F1 Digelar 2024?

Redaksi LombokPost

Penanganan Kawasan Kumuh Terkendala Dana

Redaksi LombokPost

ITDC Anggap Lebaran Topat Punya Daya Jual

Redaksi LombokPost

Penyeberangan Kayangan-Poto Tano Kembali Normal

Redaksi LombokPost