Lombok Post
Headline Selong

Ribuan Pelamar CPNS Berguguran

BERGUGURAN: Seorang peserta tes CPNS Lotim terlihat sedang melihat banyaknya pelamar yang tidak memenuhi passing grade pada seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 di kantor BKPSDM Lotim, kemarin (5/11).

Selong – Memasuki hari ke lima, seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2018 di BKPSDM Lotim berjalan lancar. Tercatat sebanyak 2500 peserta telah mengikuti SKD sampai kemarin (5/11). “Tersisa tinggal 7 hari, sampai 12 November mendatang,” kata Kasubid data dan informasi Bidang Data dan Formasi BKPSDM Lotim Baharudin.

Menurut Baharudin, dari 2000 peserta yang sudah melaksanakan SKD sampai Minggu (4/11) lalu, tercatat baru 10 peserta yang memenuhi passing grade. Kata bahar, hasil sampai siang kemarin atau sesi ke 21 mencapai 13 orang.  Angka tersebut sedikit pun belum memenuhi angka di ujung formasi sebanyak 225.

“Sudah ada tiga formasi yang positif tidak terpenuhi karena semuanya gugur. Guru pendidikan agama islam (PAI), BK, dan IPA,” terang Bahar.

PAI sendiri ada 3 formasi, sedangkan IPA dan BK masing-masing 1 formasi. Bahar menerangkan, jumlah pelamar di tiga formasi tersebut sebanyak 614 peserta. PAI 264 orang, IPA 278 orang, dan BK 72 orang.

Adapun yang sudah dinyatakan lolos SKD terdiri dari mereka yang akan mengisi formasi PGSD, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. “Untuk kesehatan belum. Jadwalnya nanti akan menyusul. Harapan kita semoga terpenuhi,” ujarnya.

Ada tiga tes yang diuji dalam SKD. Tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU) dan tes wawasan kebangsaan (TWK). Kata Bahar, hal itu sesuai dengan standar kelulusan masing-masing tes sudah ditentukan Kemenpan RB sesuai dengan permenpan No 37 Tahun 2018.

Untuk TKP nilai minimalnya 143, TIU 80, dan TWK 75. “Mencapai nilai maksimal di TKP dan TIU belum tentu lulus jika di TWK di bawah 75. Artinya semua harus mencapai standar,” terang Bahar.

Menurut Bahar, kepastian kekosongan formasi sepertinya akan sulit didongkrak dengan meminta penurunan nilai standar passing grade. Sebab hal tersebut sudah ditetapkan secara nasional melalui permenpan RB. Kalau pun kosong, kata Bahar ada kemungkinan BKN akan melakukan seleksi kembali tahun depan. Sesuai kebutuhan.

Melihat ribuan pelamar yang sudah berguguran ditahap awal, salah seorang peserta SKD CPNS 2018 Lotim L Arian Purwadi mengatakan telah menyiapkan diri. “Saya lihat banyak yang gugur di tes kepribadian. Karena soalnya panjang-panjang. Selain itu TIU, karena hitungan,” katanya kepada Lombok Post sebelum memasuki ruang tes. (tih/r2)

Berita Lainnya

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost

Pak Jokowi, Bebaskan Baiq Nuril!

Redaksi Lombok Post

Penangan Pascagempa Lamban

Redaksi LombokPost

SMPN 3 Jonggat Terapkan Pembelajaran Berbasis Siswa

Redaksi LombokPost

Pemkab Loteng Siapkan Nikah Massal Gratis

Redaksi LombokPost