Lombok Post
Headline Metropolis

Ini Solusi Bagi yang Gagal Tes CPNS!

Baiq Nelly Kusumawati

MATARAM-Tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 dimulai, kemarin. Untuk pegawai dan guru honorer yang tidak bisa mendaftar CPNS karena tidak lulus atau berusia di atas 35 tahun, bisa mengikuti jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Peraturan penerintah ini akan dikeluarkan setelah tes CPNS selesai. Dan ini akan berlaku di semua kabupaten/kota di Indonesia,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati, kemarin (7/11).

Dijelaskan, peserta yang tidak lulus tes CPNS bisa mengikuti P3K. Kendati demikian, pegawai dan guru honorer yang gagal CPNS harus mengikuti seleksi terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kita tunggu seperti apa juknisnya. P3K bisa diikuti 35 tahun ke atas,” terang Nelly.

Pemberlakuan P3K ini untuk seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. Untuk formasi sendiri akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Gaji untuk P3K setara dengan PNS. Namun mereka nanti akan memiliki kontrak selama beberapa tahun. “Kontrak ini bisa diperpanjang,” sebutnya.

Lebih lanjut, Nelly menuturkan, untuk tes CPNS ini sudah dilakukan berbagai persiapan. Pelaksanaan tes akan diikuti 7.213 peserta yang dipusatkan di Gedung Grand Imperial Kekalik Mataram.

Tes menggunakan 15 sesi, untuk hari pertama satu sesi, hari kedua dan ketiga lima sesi dan hari keempat atau terakhir empat sesi. “Kalau hari ini (kemarin) kita satu sesi yang dimulai pukul 16.00 Wita,” ujar Nelly.

Sementara itu Kabid Pengembangan Aparatur BPKSDM Ahmad Mujahiddin menyiapkan 40 tenaga untuk pelaksanaan tes. Mulai dari tempat parkir hingga masuk ruangan akan ada petugasnya masing-masing.

Sebelum masuk ruangan, peserta  terlebih dahulu akan diperiksa identitasnya. “Peserta akan diperiksa sebelum masuk,” tutupnya. (jay/r5)

Berita Lainnya

Kematian Bayi Lotim Menurun

Redaksi LombokPost

Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Molor

Redaksi LombokPost

Ahyar Bakal Evaluasi Muslim

Redaksi LombokPost

UMK Jadi Pertimbangan Kenaikan Upah Honorer

Redaksi LombokPost

Hindari Berkendara Saat Hujan Lebat

Redaksi LombokPost

Polres Loteng Siap Bersinergi Dengan Media

Redaksi LombokPost

PDIP Panaskan Mesin Partai

Redaksi LombokPost

Bangun Tidur, Begal Dicokok Polisi

Redaksi LombokPost

Pembuatan RISHA Kini Masalahnya Kekurangan Tukang

Redaksi LombokPost