Lombok Post
Praya

Anggaran Tidak Terduga Tetap Tersedia

HL Pathul Bahri

PRAYA-Pemkab Lombok Tengah memastikan tetap menyiapkan anggaran tidak terduga, guna mengantisipasi terjadinya bencana. Bisa jadi lebih besar, dari APBD tahun ini. “Tapi, semoga tidak terjadi apa-apa,” harap Wakil Bupati Loteng HL Pathul Bahri, kemarin (9/11).

Di APBD tahun ini, ungkap Wabup awalnya disediakan sebesar Rp 1 miliar. Kemudian, ditambah lagi Rp 1 miliar, sehingga berjumlah Rp 2 miliar. Seluruh anggaran tersebut, digunakan untuk penanganan panscabencana di 53 dusun di 22 desa di Kecamatan Batukliang Utara, Batukliang dan Pringgarata.

Selain itu, lanjutnya ada juga anggaran sebesar Rp 5,4 miliar, yang digunakan untuk membangun 2.300 hunian sementara (Huntara). Lalu, Rp 1,5 miliar untuk penanganan pasar Renteng. Jadi, di APBD tahun anggaran 2019, lebih fokus pada penyediaan anggaran tidak terduga. Selebihnya, sudah tertangani di APBD tahun ini.

Wabup mengatakan, target pendapatan daerah pada APBD tahun anggaran 2019 sendiri, mencapai Rp 1,9 triliun. Rp 1,2 triliun diantaranya digunakan untuk belanja tidak langsung. Sisanya sebesar Rp 779,06 miliar belanja langsung. Itu bersumber dari PAD yang ditargetkan sebesar Rp 199,7 miliar dan dana perimbangan ditargetkan Rp 1,3 triliun.

Kemudian, tambah Wabup target lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 581,7 miliar. “Alhamdulillah, kalau dari sisi anggaran pascabencana sebenarnya tidak ada masalah,” sambung Kepala BPBD Loteng H Muhamad, terpisah.

Hanya saja, kata Muhamad yang perlu diperhatikan bagaimana proses pertanggungjawabannya. Ini yang sedang disosialisasikan, agar penerima bantuan mematuhi. Kalau tidak, dikhawatirkan menjadi masalah dikemudian hari. “Menjadi tugas kelompok masyarakat, membantu anggotanya,” serunya.(dss/r2)

Berita Lainnya

Novotel Siap Terima Magang Difabel

KPU Tak Gentar Hadapi Gugatan

Jembatan Aik Berik Segera Diperbaiki

Desa Wisata Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Polisi Ringkus Terduga Pengedar Narkoba

Kelulusan P3K Segera Diumumkan

Jaksa Telaah Laporan Caleg Demokrat

Pleno Berakhir, TNI/Polri Tetap Siaga

Sah, Poltekpar Lombok Anggota PATA

Redaksi LombokPost