Lombok Post
Headline Selong

ADBMI Sosialisasikan Migrasi Aman Dengan Drama Rudat

KAMPANYE MIGRASI AMAN: Pentas drama rudat bertema migrasi aman dilakukan Advokasi Buruh Migran Indonesia bersama warga desa Anjani Timur di Desa Anjani Timur, Sabtu malam (10/11).

Selong – Advokasi Buruh Migran Indonesia (ADBMI) melakukan sosialisasi migrasi aman dengan pentas drama rudat, di Desa Anjani Timur, Sabtu malam (10/11).

“Metode ini sudah cukup lama kami lakukan. Tujuannya untuk dapat menyentuh pemahaman masyarakat awam,” kata pengurus ADBMI Lotim Muhnan kepada Lombok Post.

Program migrasi aman ini dilaksanakan bekerjasama dengan lembaga AWO internasional.  Kata Muhnan,  dalam program tersebut telah dilaksanakan berbagai penyuluhan, peningkatan kapasitas fasilitator di desa, dan jenis program lainnya.

Sementara cukup sulit untuk menyentuh masyarakat bawah yang kecil kemungkinan menghadiri kegiatan-kegiatan semi formal di  Kantor desa. “Selama ini yang hadir di sana kan Kadus dan ketua RT. Kita tidak bisa menjamin apakah mereka juga meneruskan informasi yang telah didapatkan ke masyarakat,” terang Muhnan.

Karena itu, pentas drama rudat yang ditampilkan oleh warga setempat dirasa akan mampu memberikan edukasi sesuai dengan harapan dari program tersebut. Di mana drama itu sendiri bercerita tentang persoalan yang dihadapi oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) di desa binaan.

Pendamping lapangan ADBMI Rasyid Ridho mengatakan sebelum pementasan, masing-masing perwakilan desa melakukan workshop pembuatan naskah. Hal itu bertujuan untuk membuat jalan cerita yang disesuaikan dengan kasus PMI yang selama ini tidak melakukan migrasi dengan aman.

“Hal itu seperti pemalsuan dokumen, janji manis Tekong, dan banyak lagi persoalan yang menyangkut tentang migrasi aman lainnya,” terang Ridho.

Adapun kegiatan tersebut akan dilaksanakan di lima desa dampingan program ADBMI. Kata Ridho, kegiatan serupa selanjutnya akan dilaksanakan di Wanasaba, Ketapang Raya, Pringgasela Timur, dan Suradadi.

“Semua pemain dramanya berasal dari desa binaan,” ungkap Ridho. (tih/r2)

Berita Lainnya

Dua Kafe Siapkan Wanita Penghibur

Redaksi Lombok Post

Suka Duka Mahasiswa NTB Menuntut Ilmu di Eropa (1)

Redaksi Lombok Post

Efek Pemberlakuan Sistem Zonasi, Siswa Tak Perlu Daftar Sekolah Lagi

Redaksi Lombok Post

Didukung Warga, Ustad Budi Tak Gentar Dikepung Calon Petahana

Redaksi Lombok Post

Bangun Mandalika, ITDC Pinjam Rp 3,6 Triliun ke AIIB

Redaksi LombokPost

Mohan Bikin Kejutan di Mataram Jazz & World Music Festival 2018

Redaksi LombokPost

Setengah Hati Urusi Bisnis “Nakal”

Redaksi LombokPost

Jalan Terjal Memburu Para Bandar

Redaksi LombokPost

Gempa Lagi, Panik Lagi

Redaksi Lombok Post