Lombok Post
Kriminal

Bukti Kejahatan 2018 Dimusnahkan

HASIL KEJAHATAN: Kejaksaan Negeri Mataram melaksanakan pemusnahan barang bukti atas perkara yang telah berkekuatan hukum tetap, kemarin (12/11).

MATARAM-Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram memusnahkan narkotika dan senjata api rakitan, kemarin (12/11). Pemusnahan barang bukti ini sebagai tindak lanjut perkara yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah sepanjang tahun ini.

Kajari Mataram Ketut Sumedana mengatakan, pemusnahan barang bukti menjadi kegiatan rutin jajarannya. Dilaksanakan tiga kali dalam setahun. ”Jadi ini dari kasus di 2018, ada juga sisa tahun kemarin. Tentunya, yang (sudah) inkracht,” kata Sumedana.

Ada 11 item barang bukti yang dimusnahkan kemarin. Terdiri dari narkoba, berupa sabu seberat 305,99 gram; ganja 96,27 gram; dan ekstasi 15,67 gram.

Kejaksaan juga memusnahkan 20 unit handphone, senjata tajam, serta senjata api rakitan. Pemusnahan senpi rakitan dilakukan personel Satbrimob Polda NTB dengan memotong menggunakan gerinda.

”Dibantu juga dari Brimob untuk senpi rakitannya,” ujar Sumedana.

Tetapi, tidak semua barang bukti dimusnahkan kemarin. Ada sejumlah barang bukti yang masuk kategori berbahaya, seperti air keras sebanyak 26 jerigen; soda kristal 889 pieces; merkuri 13 botol; dan natrium sianida sebanyak satu drum, diputuskan untuk diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Sumedana mengatakan, instansi terkait tentu mengetahui prosedur pemusnahan untuk barang bukti dengan kategori berbahaya. ”Kita serahkan ke LHK. Nanti tinggal seperti apa kebijakan di sana, memusnahkannya seperti apa,” pungkas dia.(dit/r2)

Berita Lainnya

Rekanan Proyek THR Diklarifikasi

Dae Ferra Berkelit Tak Terima Fee

Cari Selamat, Maling Amatir Hianati Kawan

Dorfin Dituntut 20 Tahun Penjara

Redaksi LombokPost

Jaksa Usut Pengadaan Bibit THR

Redaksi LombokPost

Terpidana Kasus Hutan Sekaroh Melawan

Redaksi LombokPost

Kadis Hingga Kades Terjerat Tipilu

Redaksi LombokPost

Curi Motor Guru “Bonus” Sebutir Peluru

Redaksi LombokPost

Dae Ade Tandatangan Kontrak, Dae Ferra Urus Proyek

Redaksi LombokPost