Lombok Post
Headline Metropolis

Jembatan Sungai Jangkuk Longsor!

BERBAHAYA: Beberapa kendaraan melintas di Jembatan Kali Jangkuk, Sayang-Sayang, Kota Mataram, Senin (12/11). Sementara tanah terlihat longsor tak jauh dari jalan raya.

MATARAM-Bagi yang sering melintas di jalan Diponegoro Sayang-Sayang, harus waspada. Jembatan Kali Jangkuk yang menghubungkan Lingkungan Rungkang Jangkuk dengan Lingkungan Tohpati, longsor.

Kondisi longsor terpantau parah. Retakan tanah tidak hanya mengikis trotoar jalan. Tetapi juga tanah di bawah jembatan.

“Kalau truk atau kendaraan besar lebih sering melintas, getarannya bisa membuat longsor bahkan patahan di sungai,” kata Azami, Kepala Lingkungan Lendang Kelor, Sayang-Sayang yang melihat retakan jalan itu.

Tanah itu longsor akibat hujan deras yang terjadi sejak dua hari lalu. Kondisinya yang mengkhwatirkan dan dapat membahayakan keselamatan pengendara, diharapkan dapat segera direspons OPD teknis Pemkot Mataram.

“Jangan sampai ada korban, baru kita menyesal,” ujarnya.

Untuk sementara, warga berinisiatif menaruh rambu-rambu seadanya. Agar pengendara waspada dan tidak terlalu memacu kendaraannya ke pinggir jalan. Terutama saat melintas di jembatan itu.

Usia jembatan itu memang tergolong tua. Dibangun pada tahun 1988 dan selesai pada tahun 1989. Diresmikan oleh Gubernur NTB Warsito.

“Terutama pada malam hari kita sangat khwatir karena di sini gelap,” jelasnya.

Tapi untungnya tidak ada kejadian yang tidak diinginkan sejauh ini. Sejumlah pengendara rupanya sudah cukup waspada dengan ancaman lubang tanah longsoran di sebelah timur jembatan tersebut.

“Tidak ada, semoga tidak ada,” harapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) H Mahmuddin Tura saat dikonfirmasi mengaku belum menerima laporan. “Belum ada laporan (tentang longsornya tanah di sisi jembatan Sungai Jangkuk, Sayang-Sayang). Di mana posisinya?” kata Tura melalui pesan singkat.

Ia menyebut posisinya kemarin masih ada di Jakarta. Sehingga tidak bisa memantau langsung kondisi tanah longsor. Tapi Tura berjanji akan meminta bawahannya untuk menangani jalan itu. “Segera kami akan tangani,” janjinya. (zad/r5)

Berita Lainnya

Situs Tua Ambruk Lagi

Redaksi Lombok Post

Dua Kafe Siapkan Wanita Penghibur

Redaksi Lombok Post

Suka Duka Mahasiswa NTB Menuntut Ilmu di Eropa (1)

Redaksi Lombok Post

Efek Pemberlakuan Sistem Zonasi, Siswa Tak Perlu Daftar Sekolah Lagi

Redaksi Lombok Post

Didukung Warga, Ustad Budi Tak Gentar Dikepung Calon Petahana

Redaksi Lombok Post

Bangun Mandalika, ITDC Pinjam Rp 3,6 Triliun ke AIIB

Redaksi LombokPost

Bukan Tidak Tahu, tapi Malas Patuh!

Redaksi LombokPost

Uang Nomor Dua, Paling Penting Lingkungan Bebas Sampah

Redaksi LombokPost

Mohan Bikin Kejutan di Mataram Jazz & World Music Festival 2018

Redaksi LombokPost