Lombok Post
Kriminal

Musim Hujan Tiba, 122 Polisi Siaga

AKP I Made Astina

MATARAM-Polres Mataram menyiagakan 122 personel Satsabhara di musim penghujan. Langkah ini sebagai upaya membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana banjir di Kota Mataram.

Kasatsabhara Polres Mataram AKP I Made Astina mengatakan, 122 personel dibagi menjadi tiga tim. Yakni, satuan patroli, dalmas, dan pengamanan objek vital.

”Kita bagi lagi menjadi tiga satuan, agar lebih efektif dan cepat merespons kalau ada bencana,” kata Astina, kemarin (12/11).

Astina menegaskan, 122 personel sabhara siap melaksanakan tugas dengan peralatan yang dimiliki, seperti perahu kanal dan perahu karet. Mereka juga telah mendapat pelatihan search and rescue (SAR) selama 6 bulan secara berkala.

Dengan kemampuan yang dimiliki, Astina berharap personelnya bisa melakukan evakuasi dengan cepat dan bertahap. Sehingga warga masyarakat yang terdampak banjir bisa dievakuasi ke titik aman.

”Sudah kita persiapkan kemampuan personel menghadapi bencana di musim penghujan ini,” ujarnya.

Di wilayah hukum Polres Mataram, beberapa daerah memang masih rentan terjadi bencana alam seperti longsor dan banjir di musim penghujan.

Untuk bencana longsor, rawan terjadi di wilayah Gunungsari, Lingsar, dan Narmada. Adapun banjir, kerap menimpa wilayah Kota Mataram, seperti di Sekabela, Kekalik, dan Ampenan. Tiga wilayah ini merupakan daerah muara yang berbatasan langsung dengan pantai.

”Untuk antisipasi awal, masyarakat bisa melakukan pembersihan saluran secara mandiri, agar tidak tersumbat,” imbau dia.

Selain itu, Astina juga meminta masyarakat  tetap waspada. Terutama untuk pengendara, ketika terjadi hujan deras, harus mengantisipasi jalanan licin dan pohon tumbang. ”Hindari pohon besar di pinggir jalan,” pungkas Astina.(dit/r2)

Berita Lainnya

Mantan Napi Teroris Pulang ke Bima

Redaksi LombokPost

Bandar Togel Jaringan Internasional Tertangkap

Redaksi LombokPost

Terdakwa Korupsi Anggaran Satpol PP Kabupaten Bima Divonis 15 Bulan Penjara

Redaksi LombokPost

Polisi Tembak Tersangka Curanmor

Redaksi LombokPost

Cukong Kayu Dilimpahkan Ke JPU

Redaksi LombokPost

Polisi Tipu Bandar Sabu dengan Pura-pura Belanja Rp 100 Juta

Redaksi LombokPost

Polisi Kantongi Calon Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Kemuning

Redaksi LombokPost

Otak Pemalsu STNK Tertangkap

Redaksi LombokPost

Jelang Pemilu, TNI Polri Matangkan Strategi Pengamanan

Redaksi LombokPost