Lombok Post
Tanjung

50 Orang Dilatih Jadi Aplikator Risha

PELATIHAN: Puluhan aplikator Risha sedang mengikuti pelatihan dari Kementerian PUPR di Lombok Utara, kemarin (13/11).

TANJUNG-Sebanyak 50 aplikator Rumah Instan Sedehana (Risha) dibekali pelatihan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya Kementerian PUPR di Lombok Utara. Pembekalan dilakukan kepada 50 orang tersebut untuk disiapkan menjadi aplikator-aplikator pembangunan Risha di Lombok Utara.

“Ada dua jenis pelantihan pembekalan untuk mereka. Yang pertama yaitu bagaimana cara merangkai besi-besi bangunan, kemudian yang kedua bagaimana teknik pengeboran,”ungkap Kepala Seksi Jakom Dinas PUPR Provinsi NTB, kemarin (13/11).

Ia menuturkan, kegiatan itu secara mobile dilakukan dengan menggunakan 1 unit armada pelatihan untuk sertifikasi terampil di kabupaten/kota. Dalam pelatihan itu, Kementerian PUPR juga berkolaborasi LPJK dengan Dinas PUPR provinsi dan kabupaten.

“Output-nya kami mengharapkan mereka menguasai secara teknis bagaimana membangun Risha yang disarankan pemerintah pusat bagi para korban gempa,” sambungnya.

Ia melanjutkan, pelatihan tersebut merupakan ketiga kalinya di KLU. Pelatihan lainnya adalah  tentang pembangunan Risha insaler dan pengeboran beton.

Sementara penyiapan tenaga teknis aplikator ini nantinya bersertifikasi. Mereka diizinkan untuk menjadi aplikator pembangunan Risha di Lombok Utara.

“Kami mengharapkan kedepannya, Dinas PUPR Lombok Utara lebih banyak menyiapkan anggaran untuk pelatihan-pelatihan serupa. Minimal kemampuan mereka bisa di implementasikan di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Lombok Utara, I Ketut Sudiarsa mengatakan, pihaknya dalam hal ini akan memberikan kesempatan bagi mereka yang sudah mendapatkan pelatihan teknis dari PUPR.

“Mereka bisa menjadi aplikator yang menyiapkan bahan maupun membangun rumah Risha,” ujarnya.

Menurutnya, kadin bisa membantu mereka juga dalam penyiapan dana apabila aplikator tidak punya. Kadin bertugas  membantu mereka yang sudah dilatih secara teknis. Selain itu, mereka bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat juga bagaimana Risha dan keunggulannya.

“Ke-50 orang yang mendapatkan pelatihan ini merupakan warga lombok Utara. Mereka dipilih dari semua kecamatan di Lombok Utara,” pungkasnya. (fer/r7)

Berita Lainnya

Rekruitmen P3K Diharapkan Bisa Mulai Tahun Depan

Redaksi LombokPost

Kantor Sementara DPRD Mulai Dibangun

Redaksi LombokPost

Warga Dusun Boyotan Terancam Tak Dapat Rp 50 Juta

Redaksi LombokPost

Baru 40 Sekolah Rusak Berat Dirobohkan

Redaksi LombokPost

Sekda Izinkan Huntara BUMN yang Tak Ditempati Dibongkar, Asal…

Redaksi LombokPost

Empat Puskesmas Darurat Mulai Beroperasi

Redaksi LombokPost

7.000 Petisi Penolakan Juknis Bantuan Gempa

Redaksi LombokPost

Pelebaran Jalan Ganggu Distribusi Air

Redaksi LombokPost

Sekjen FPM dan BSMI Kunjungi Korban Gempa Lombok

Redaksi LombokPost