Lombok Post
Tanjung

Baru 40 Sekolah Rusak Berat Dirobohkan

H Fauzan Fuad

TANJUNG-Hingga saat ini perobohan sekolah rusak berat pascagempa sudah mencapai sekitar 40 bangunan. Dinas Dikpora Lombok Utara sudah mengusulkan sebanyak 80 bangunan sekolah untuk dirobohkan.

Kepala Dinas Dikpora Lombok Utara H Fauzan Fuad menuturkan, perobohan 40 bangunan tersebut merupakan tahap awal. Kemudian ada 80 unit bangunan sekolah yang diusulkan untuk dirobohkan. Perobohan tersebut ditargetkan tuntas akhir November ini.

“Dari Kabid Aset mengatakan kalau memang ada yang akan membangunkan permanen, ya silakan biar bisa dihapus dari aset,” ujarnya, kemarin (13/11).

Ia mengatakan, dari Dinas PUPR sudah menyepakati jumlah tersebut. Bahkan dari PUPR ada sekitar 20 lebih sekolah untuk dibangun. Begitu juga bantuan dari Pemprov DKI Jakarta sebanyak 21 sekolah.

“Kalau memang sudah izin seperti itu, ya tinggal kita robohkan,” sambungnya.

Ia melanjutkan, hingga saat ini sekolah yang sudah diassessment untuk dirobohkan sebanyak 120 unit. Saat ini tinggal menunggu keputusan siapa yang akan melakukan perobohan.

Namun ketika sudah ada kesepakatan untuk dirobohkan, ia meminta agar Dinas PUPR bersurat terlebih dulu. Tujuannya supaya ada jaminan untuk dibangunkan permanen.

“Jangan sampai pas dirobohkan tidak dibangunkan,” tegasnya.

Namun Fauzan mengungkapkan, jika  surat itu sudah ada. Surat itu diterima olehnya kemarin. Bahkan bagian aset juga mengatakan untuk penghapusan bisa dilakukan jika surat tersebut sudah ada.

Ia melanjutkan, bangunan 80 sekolah yang diusulkan itu sudah dilirik pihak yang ingin membangun kembali. Ada yang semipermanen maupun permanen.

“Karena kemarin itukan kita menunggu di bidang aset jangan sampai kita dianggap merusak aset,” jelasnya.

Terkait apakah bangunan itu tahan gempa, Fauzan mengaku kepastian itu belum secara resmi. Mereka  belum memberikan kepastian soal itu karena merupakan bantuan.

“Tapi kalau dari kita yang akan bangun harus sesuai itu (tahan gempa),” tandasnya. (fer/r7)

Berita Lainnya

Data Penerima Jadup Ditarget Rampung 17 Juni

Redaksi LombokPost

Lebaran Topat, ASN Tidak Diberi Dispensasi

Redaksi LombokPost

2.400 PJU Panel Surya Segera Dipasang

Redaksi LombokPost

Dewan Berharap Pengajuan Draf RAPBD Perubahan Dipercepat

Redaksi LombokPost

Sejumlah Jembatan Segera Dibangun

Redaksi LombokPost

Pemdes Tidak Boleh Arahkan Pokmas

Redaksi LombokPost

Lebaran Topat Dipusatkan di Pantai Sira

Redaksi LombokPost

Pemkab KLU Bentuk Tim Pengawas ASN

Redaksi LombokPost

Masyarakat KLU Harus Bangkit

Redaksi LombokPost