Lombok Post
Kriminal

Tilang Menurun, Laka Lantas Meningkat

BERI HADIAH: Satlantas Polres Mataram memberi hadiah kepada pengendara yang tertib berkendara selama operasi zebra gatarin yang berakhir pada Senin (12/11) lalu.

MATARAM-Sanksi tilang dalam Operasi Zebra Gatarin di Kota Mataram menurun drastis. Meski demikian, angka kecelakaan lalu lintas justru meningkat 100 persen dibandingkan operasi serupa pada tahun lalu.

Kebijakan Mabes Polri tentang tujuan operasi zebra di daerah terdampak bencana, membuat penurunan sanksi tilang. Meski menurun, Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam menyebut tetap terjadi pelanggaran dominan yang berulang tiap tahunnya.

”Tidak pakai helm, mobil melebihi muatan, sampai yang lawan arus, itu masuk pelanggaran tertinggi,” kata Alam, kemarin (13/11).

Pelanggaran lainnya mengenai anak yang mengendarai motor, kendaraan tanpa STNK, serta mobil barang digunakan untuk mengangkut penumpang. Menurut Alam, pelanggaran tersebut diberikan sanksi tilang.

Selama dua pekan operasi zebra di Kota Mataram, Satlantas Polres Mataram memberi 529 tilang dan 68 sanksi teguran. Langkah tilang, kata Kapolres, ditujukan kepada pelanggaran yang berpotensi pada kecelakaan.

”Ada 290 SIM, 199 STNK, dan 40 kendaraan yang kita sita,” ujar dia.

Meski terjadi pelanggaran berulang, Alam mengatakan ada penurunan sanksi pada tahun ini. Operasi serupa di 2017, Satlantas Polres Mataram mengeluarkan hingga 2.719 tilang dan 816 teguran dari 3.535 pelanggaran.

Dibalik penurun sanksi tilang, justru terjadi peningkatan angka kecelakaan lalu lintas, yakni sebanyak 1 peristiwa. Meski hanya satu, jumlah tersebut naik 100 persen dibandingkan operasi zebra di 2017. Bukan itu saja, kecelakan tersebut membuat pengendaranya meninggal dunia.

”Karena kurang hati-hati ketika mengubah arah kendaraan. Saat itu juga korban tidak memakai helm,” ungkap Alam.(dit/r2)

Berita Lainnya

Jalan Terjal Memburu Para Bandar

Redaksi LombokPost

Aksi Penjambret Terhenti Setelah Tiga Jam Beraksi

Redaksi LombokPost

Polda NTB Raih Hassan Wirajuda Award

Redaksi LombokPost

Kabur, Pasien RSJ Selagalas Gantung Diri

Redaksi LombokPost

Penyidik Siap Gelar Perkara Laporan Baiq Nuril

Redaksi LombokPost

Jaksa Tuntut Ringan Terdakwa Tapun

Redaksi LombokPost

Polda NTB Seleksi Pejabat Eselon III BPS

Redaksi LombokPost

Roswati Melawan Lewat PK

Redaksi LombokPost

Antisipasi Tren Kejahatan Akhir Tahun

Redaksi LombokPost