Lombok Post
Headline Selong

26 Oven Untuk Petani Tembakau Lotim

BANTUAN BANTUAN: Ketua Umum APTI Soeseno (kanan) dan DPP APTI NTB menyerahan bantuan secara simbolis kepada 26 petani tembakau Lotim di Desa Dermasari, Kecamatan Sikur, kemarin (14/11).

Selong – Memperingati hari petani tembakau sedunia, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) memberikan bantuan kepada petani tembakau Lombok Timur. Bantuan tersebut diberikan kepada 26 petani untuk membangun rumah oven yang rusak akibat gempa.

“Peringatan World Tobacco Growers Day (WTGD) tahun ini diwujudkan dalam perbaikan rumah oven tembakau di beberapa lokasi yang ada di Lombok Timur,” kata Ketua Umum APTI Soeseno kemarin (14/11).

WTGD 2018 kali ini mengambil tema solidaritas petani pembakau untuk Lombok bangkit. Menurut Soeseno. kondisi petani tembakau di Lombok sedang panik, di karenakan memasuki musim panen ribuan bangunan oven (pengeringan) daun tembakau terdampak gempa.

“Dengan dampak gempa bumi dikhawatirkan mempengaruhi rendahnya kualitas krosok tembakau yang dihasilkan,” jelasnya.

Lebih jauh lagi, ia menjelaskan potensi petani Lombok Virginia seluas 58.515 HA yang terbagi di Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Dengan luas lahan tersebut produksi tembakau virginia di NTB sebesar  39.586,91  ton  (Berdasarkan data ASEM 2016).  Soeseno menyampaikan bahwa peranan Tembakau Virginia Lombok sangat starategis yaitu sebagai pemasok bahan baku Industri rokok (90%).

Ia juga menjelaskan ada sekitar 150 rumah oven yang rusak akibat gempa di Lotim. Karena itu, pada peringatan WTGD tahun ini, pihaknya mewujudkan hal tersebut dengan memberikan bantuan perbaikan rumah oven tembakau di beberapa lokasi yang ada di Lombok Timur.

Sementara itu, Sekda Lotim yang diwakili Kabid Perkebubanan Dinas Pertanian Lotim Assairul Kabir menyampaikan terima kasih atas perhatian APTI kepada petani. Ia berharap dari sekitar 200 rumah oven yang rusak akibat gempa, sisanya bisa mendapat bantuan serupa.

“Kami berterima kasih kepada APTI atas bantuan yang diberikan. Adapun petani tembakau lainnya, semoga bisa segera mendapat bantuan,” kata Kabir.

Sebagai bentuk empati serta solidaritas, acara tersebut juga dihadiri Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APTI dari Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Madura.

Hadir juga petani penerima bantuan. Diakhir kegiatan, Ketua Umum APTI bersama rombongan melihat salah satu rumah oven petani tembakau yang rusak akibat gempa. (tih/r2)

Berita Lainnya

Dua Kafe Siapkan Wanita Penghibur

Redaksi Lombok Post

Suka Duka Mahasiswa NTB Menuntut Ilmu di Eropa (1)

Redaksi Lombok Post

Efek Pemberlakuan Sistem Zonasi, Siswa Tak Perlu Daftar Sekolah Lagi

Redaksi Lombok Post

Didukung Warga, Ustad Budi Tak Gentar Dikepung Calon Petahana

Redaksi Lombok Post

Bangun Mandalika, ITDC Pinjam Rp 3,6 Triliun ke AIIB

Redaksi LombokPost

Mohan Bikin Kejutan di Mataram Jazz & World Music Festival 2018

Redaksi LombokPost

Setengah Hati Urusi Bisnis “Nakal”

Redaksi LombokPost

Jalan Terjal Memburu Para Bandar

Redaksi LombokPost

Gempa Lagi, Panik Lagi

Redaksi Lombok Post