Lombok Post
Headline Metropolis

Hati-Hati, Pohon Mulai Bertumbangan!

GANGGU PENGENDARA: Para petugas dari Dinas Perkim Kota Mataram, Tim TRC BPBD Provinsi NTB dan Polsek Kota Mataram berjibaku membersihkan sisa-sisa potongan pohon tumbang di jalan Sriwijaya, depan Kantor Camat Mataram, kemarin (14/11).

MATARAM-Musim hujan baru permulaan. Namun, bencana sudah menyapa sebagaian wilayah Kota Mataram. Mulai dari banjir, longsor, hingga pohon tumbang.

Kemarin, tiga pohon peneduh jalan tumbang. Untungnya, tiga pohon ini tidak menimpa warga. Hanya menimbulkan kemacetan.

Menurut beberapa saksi mata, tiga pohon yang tumbang itu terjadi pada pukul 16:00 Wita. Saat hujan deras mengguyur Kota Mataram.

Tiga pohon tumbang itu masing-masing berada di jalan Sriwijaya depan Kantor Camat Mataram. Dua lagi lokasinya di depan Hotel Grand Legi dan di Jalan Sandubaya BTN Pagutan.

Di depan Kantor Camat Mataram, pohon yang tumbang berjenis pohon Kenari. Usianya sudah tua.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kotar Mataram Rifai mengatakan, timnya langsung turun karena mendapat laporan dari masyarakat. “Kami mendapatkan laporan dari masyarakat, dari camat, dari lurah, dari semuanya. Makanya kami segera tangani,” terangnya ditemui di lokasi kejadian, kemarin (14/11).

Selain menerima laporan dari masyarakat saat terjadinya pohon tumbang, Dinas Perkim Kota Mataram juga tetap melakukan pemantauan terhadap pohon-pohon yang berisiko atau ada indikasi beban berat. Perantingan telah dilakukan sebelum musim hujan tiba.

“Tetap kami pantau, dari pantauan itu kami lakukan perantingan biar mengurangi beban pohon itu,” tegas Rifai

Pohon tumbang kemarin juga telah menyebabkan penerangan jalan umum (PJU) dan kabel PLN mengalami kerusakan. Dinas Perkim Kota Mataram langsung berkoordinasi dengan UPTD PJU dan Pihak PLN untuk segera menuju lokasi kejadian.

“Saya sudah hubungi, mereka sedang dalam perjalanan,” jelas Rifai.

Untuk mengantisipasi pohon tumbang, pihaknya memang tidak bisa menebang pohon secara sembarangan. Karena tidak tahu mana pohon yang akan tumbang. Terutama di jalan-jalan protokol.

Ia mengaku hanya bisa mengimbau masyarakat untuk ekstra hati-hati. “Kurangi aktivitas berkendara di luar rumah. Terutama saat hujan disertai angin,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Agung Pramuja mengatakan, setelah menerima laporan masyarakat, dirinya langsung menerjunkan 15 orang anggota.

“Ini ada laporan langsung kami terjunkan petugas, setelah ini kami langsung bergeser ke BTN Pagutan. Kami terima laporan di sana juga ada pohon tumbang,” tegas Agung.

Untuk membersihkan tiga pohon yang tumbang kemarin, petugas menurunkan tujuh alat chainsaw atau gergaji mesin. Dinas Perkim Kota Mataram juga menurunkan satu mobil truk untuk mengangkut sampah pohon yang tumbang tersebut. (cr-yun/r5)

Berita Lainnya

ITDC Pinjam Rp 3,6 Triliun ke AIIB

Redaksi LombokPost

Bukan Tidak Tahu, tapi Malas Patuh!

Redaksi LombokPost

Uang Nomor Dua, Paling Penting Lingkungan Bebas Sampah

Redaksi LombokPost

Mohan Bikin Kejutan di Mataram Jazz & World Music Festival 2018

Redaksi LombokPost

Setengah Hati Urusi Bisnis “Nakal”

Redaksi LombokPost

Jalan Terjal Memburu Para Bandar

Redaksi LombokPost

Bangunan Tua Itu Perlu Direnovasi

Redaksi Lombok Post

Gempa Lagi, Panik Lagi

Redaksi Lombok Post

Pintu Beasiswa Eropa Terbuka Lebar untuk Pelajar NTB

Redaksi Lombok Post