Lombok Post
Headline Selong

Memahami Potensi Pemuda

Lalu Muhammad Wathoni

Selong –  Tak hanya dekat dengan masyarakat. Dewan yang diimpikan pemuda ternyata mereka yang sederhana dalam berkata-kata. “Yang janjinya tidak muluk-muluk,” kata salah seorang pemuda dari Desa Suradadi, Kecamatan Terara, L Muhammad Wathoni.

Menurut Toni, selama ini banyak dewan yang berjanji namun tak memahami dengan baik apa yang ia katakan dalam janjinya tersebut. Kata Toni, sederhana, tapi bisa diterima akal sehat.

Ia mencontohkan hal tersebut seperti halnya seorang dewan yang sebelumnya berjanji ingin mensejahterakan seluruh masyarakat. “Jangankan semuanya, setengahnya saja kalau bisa. Coba janjinya yang jelas-jelas saja. Misalnya membantu warga miskin yang benar-benar membutuhkan bantuan,”  terangnya.

Bagi Toni, lahirnya janji-janji di luar akal sehat tersebut muncul karena seorang dewan tidak memahami dengan baik potensi warga selaku konsituennya. Apalagi potensi pemuda di desa. Alih-alih mengetahui hal tersebut, potensi yang lebih umum seperti desa, menurut Toni seringkali terlewatkan.

Toni menjelaskan potensi pemuda Desa Suradadi ada di bidang olahraga dan kesenian. Tentu, ia akan memilih sosok yang memahami kedua hal tersebut dengan baik. “Kalau mau mengembangkan potensi, jangan muluk-muluk juga. Sedikit saja, tapi kemungkinan bisa dilakukannya besar,” harap Toni. (tih/r2)

Berita Lainnya

Menelusuri Penyebaran Islam di Pulau Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (2)

Korban Gempa Dikadali, BPBD Terima Laporan Bahan Rumah Korban Gempa Tak Sesuai Spek

Menelusuri Penyebaran Islam di Lombok dari Buku Karya Dr Jamaluddin (1)

Kedubes Prancis Kunjungi Poltekpar Lombok

Zohri Spektakuler! Genggam Tiket ke Tokyo 2020

BNI Tebar 100 Ribu Bingkisan Ramadan

Hearing Buntu, Aldi Tempuh Jalur Hukum

Progres RTG Belum Sesuai Harapan

Alhamdulillah, Bantuan Jadup Cair Besok