Lombok Post
Headline Praya

SMPN 3 Jonggat Terapkan Pembelajaran Berbasis Siswa

Baiq Mustikaningsun

PRAYA-Pola pembelajaran di SMPN 3 Jonggat, di Desa Ubung Lombok Tengah, menggunakan sistem berbasis siswa, dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Mereka tidak dibebani fisik dan mental, secara berlebihan. Kendati demikian, mereka tetap berprestasi.

“Ini konsekuensi dari kebijakan full day school. Jadi, kami menyesuaikan,” kata Kepala SMPN 3 Jonggat Baiq Mustikaningsun pada Lombok Post, kemarin (14/11).

Sebelumnya, terang Mustikaningsun siswa belajar enam hari, masuk pagi dan pulang siang hari. Sekarang lima hari, Sabtu dan Minggu libur. Hanya saja, mereka masuk pagi pulangnya sampai sore. Kondisi seperti itu, membuat mereka kaget secara mental dan fisik.

Terlebih, lanjutnya begitu mereka pulang ke rumah masing-masing. Mereka hanya ganti pakian saja, setelah itu datang ke sekolah, guna mengikuti ekstrakurikuler. Baik Pramuka, PMR maupun seni. Belum lagi, yang mengikuti pelajaran tambahan atau les.

Beban seperti itu, membuat pihaknya mengubah model pembelajaran. Alhasil, siswa lebih nyaman, tenang, sehat dan tidak cepat lelah.        Sembari tersenyum, Mustikaningsun menekankan, sistem semacam itu bisa jadi hanya ditemukan di SMPN 3 Jonggat saja. “Yang mau belajar, silakan saja ke tempat kami,” cetusnya.(dss/r2)

Berita Lainnya

Kades Jangan Alergi Diperiksa!

Redaksi LombokPost

Surya Paloh Road Show ke Lombok

Redaksi LombokPost

Lima Spa Abal-Abal Ditertibkan

Redaksi Lombok Post

Suka Duka Mahasiswa Bumi Gora Menuntut Ilmu di Benua Biru (2)

Redaksi Lombok Post

Bunuh Diri kok Hobi

Redaksi Lombok Post

Dua Kafe Siapkan Wanita Penghibur

Redaksi Lombok Post

Suka Duka Mahasiswa NTB Menuntut Ilmu di Eropa (1)

Redaksi Lombok Post

Efek Pemberlakuan Sistem Zonasi, Siswa Tak Perlu Daftar Sekolah Lagi

Redaksi Lombok Post

Didukung Warga, Ustad Budi Tak Gentar Dikepung Calon Petahana

Redaksi Lombok Post