Lombok Post
Metropolis

Waspada ! Semua Pohon Berpotensi Tumbang!

BELUM DITANGAN: Pohon waru besar tumbang di depan jalan masuk Gang Drupadi, Lingkungan Gulinten, Pagutan, Kota Mataram terpantau belum tertangani hingga Kamis (15/11) siang kemarin. padhal, pohon ini tumbang pada Rabu (14/11).

MATARAM-Hujan disertai angin kencang pada Rabu (14/11) lalu menumbangkan sedikitnya tujuh pohon. Terutama di pinggir jalan-jalan kota. Banyaknya pohon yang bertumbangan membuat petugas kewalahan.

Sampai ada satu pohon di Jalan Bung Karno belum tertangani. Pohon waru dengan ukuran batang cukup besar dan kokoh itu, tumbang lalu menimpa tembok sebuah pura.

“Kalau ada laporan, pasti kami tangani,” kata Kepala Bidang (Kabid) Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kota Mataram I Made Gede Yasa.

Khusus untuk pohon waru yang tubang di jalan Bung Karno itu, pihaknya tidak ada laporan. Padahal waru yang tumbang itu ukurannya cukup besar. Lalu menindih dinding tembok pura.

Diakui Yasa, Tim Reaksi Cepat (TRC) sempat kewalahan. Kaerena banyaknya pohon yang bertumbangan. “Kita sampai kelelahan kemarin,” akunya.

Sekalipun jumlah tim mencapai 60 orang. Tapi besarnya pohon-pohon yang bertumbangan, alat yang terbatas, dan tenaga ekstra untuk menangani cepat pohon membuat tenaga TRC terkuras habis.

Total ada enam titik yang ditangani TRC BPBD Kota Mataram. Antara lain di jalan Sriwijaya sebanyak tiga titik, jalan lingkar selatan satu titik, STMIK Bumi Gora satu titik, dan BTN Griya pagutan Indah satu titik.

“Kami berusaha sebaik mungkin menangani pohon-pohon tumbang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH), Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Mataram Nanang Edward mengatakan, antisipasi terhadap masuknya musim hujan dan angin kencang sudah dilakukan sejak bulan September.

“Kami melakukan perantingan pada pohon-pohon besar yang rentan tumbang,” kata Nanang.

Begitu juga menebang pohon-pohon yang mati dan kering. Tapi rupanya angin kencang tidak hanya menumbangkan pohon yang sudah tua, kering, dan mati. Tetapi juga beberapa pohon yang tergolong muda pun tak luput bertumbangan.

“Jadi tidak hanya pohon besar yang berbahaya, tapi juga pohon-pohon yang masih muda,” cetusnya.

Karenanya, ia mengimbau agar masyarakat lebih waspada. Terutama para pengendara agar mengatur laju kendaraannya. Semua pohon sama bahayanya saat angin kencang. Upaya perantingan atau mengurangi beban pohon juga tidak menjamin pohon itu tidak tumbang.

Para pengendara sebaiknya berhati-hati atau bila perlu berhenti dulu selama hujan dan angin kencang,” sarannya. (zad/r5)

Berita Lainnya

Pemkot Optimis Semua Formasi Terisi

Redaksi LombokPost

Lahan Belum Beres, Pemkot Usulkan Rusunawa Nelayan

Redaksi LombokPost

Bukan Gertak Sambal! Ormas Ancam Turun Tertibkan Tempat Maksiat

Redaksi LombokPost

Lima Spa Abal-Abal Ditertibkan

Redaksi Lombok Post

Bunuh Diri kok Hobi

Redaksi Lombok Post

Situs Tua Ambruk Lagi

Redaksi Lombok Post

Dua Kafe Siapkan Wanita Penghibur

Redaksi Lombok Post

Efek Pemberlakuan Sistem Zonasi, Siswa Tak Perlu Daftar Sekolah Lagi

Redaksi Lombok Post

Bukan Tidak Tahu, tapi Malas Patuh!

Redaksi LombokPost