Lombok Post
Giri Menang

Tiga Desa dan Dua Sekolah Diaudit Khusus

Agung Wahyu Martono

GIRI MENANG-Inspektorat Lombok Barat (Lobar) menerima sejumlah laporan dari masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan anggaran desa hingga sekolah. Tercatat, ada tiga desa dan dua sekolah yang diaudit secara khusus oleh Inspektorat tahun ini.

“Itu karena ada laporan dari masyarakat. Kami kemudian melakukan pemeriksaan khusus berdasarkan perintah bupati,” ujar Sekretaris Inspektorat Lobar Agung Wahyu Martono.

Sejak Januari hingga November, audit khusus dilakukan di Desa Senteluk Kecamatan Batulayar, Desa Jeringo Kecamatan Gunungsari dan Desa Jembatan Kembar Kecamatan Lembar. Audit ini terkait pengelolaan anggaran dana desa.

Dua sekolah yang juga diaudit khusus. Yakni SMPN 1 Narmada dan SDN 3 Bengkel. Kaitannya dengan pemeriksaan penggunaan dana Bantuan Operasi Sekolah (BOS).

“Hasil auditnya itu sudah kami laporkan ke bupati,” ujar dia kepada wartawan.

Jika dari hasil temuan tersebut ditemukan ada kerugian atau penyimpangan, maka akan ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum. Khususnya jika ditemukan ada unsur tindak pidana atau korupsi.

“Pada prinsipnya kami hanya melaporkan ke pimpinan. Kemudian ditindaklanjuti, karena ada perjanjian kerja sama antara pemda dengan pihak kepolisian dan kejaksaan,” paparnya.

Sesuai perjanjian kerja sama, jika dari hasil audit ditemukan ada kesalahan administrasi maka Inspektorat yang bertugas menindaklanjuti. Sedangkan jika dari pemeriksaan tersebut ada unsur korupsi, maka akan ditangani oleh aparat penegak hukum.

Untuk Desa Kuripan yang sempat dilaporkan ke pihak kepolisian ia mengaku belum menerima laporan. Namun Agung menjelaskan, jika sudah ditangani oleh pihak kepolisian, biasanya dilakukan pendalaman lebih lanjut.

“Nantinya juga akan melibatkan pihak Inspektorat jika dibutuhkan pemeriksaan secara khusus,” terangnya. (ton/r3)

Berita Lainnya

Perawatan Jalan Memang Tak Maksimal

Redaksi LombokPost

Dekat PLTU, Jalur ke Jeranjang Malah Gelap Gulita

Redaksi LombokPost

Tekan Kemiskinan, Eksekutif dan Legislatif Harus Bersinergi

Redaksi LombokPost

Calon PNS Siapkan Diri, Tes SKB Digelar Sehari

Redaksi LombokPost

Jaspel Puskesmas Gunungsari Tersumbat

Redaksi LombokPost

Hotel di Senggigi Mulai Bangkit

Redaksi LombokPost

Empat Bulan Tersiksa di Pengungsian

Redaksi LombokPost

Giliran Warga Langko Gedor Kantor Desa

Redaksi LombokPost

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost