Lombok Post
Giri Menang

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

H Jaelani Ibrahim

GIRI MENANG-Kementerian Agama (Kemenag) Lobar mendukung keberadaan kartu nikah tersebut. Kartu nikah ini dinilai dapat mempermudah pemiliknya ketika diminta menunjukka bukti status pernikahan.

“Tapi terserah masyarakat. Boleh juga tidak memiliki kartu nikah, karena belum ada aturan yang mewajibkannya,” jelas Kepala Kemenag Lobar H Jaelani Ibrahim.

Sejauh ini ia mengaku belum mendapat kabar resmi dari Kemenag Pusat mengenai kartu nikah ini. Keberadaan kartu nikah tersebut dinilainya baru sebatas wacana untuk melengkapi buku nikah.

“Edaran resmi dari pusat belum ada. Itu hanya ide dan dilaunching untuk pelengkap dari buku niah,” ungkapnya.

Namun ia menilai, dengan adanya kartu nikah ini, masyarakat bisa lebih mudah menunjukkan identitas pernikahan. Misalnya, kalau ada hotel yang mempersyarakatkan membawa buku nikah, warga cukup menunjukkan kartu nikah.

“Kalau hilang bisa dibuat lagi,” tandasnya.

Rencana peluncuran kartu nikah secara nasional ini sempat menjadi perdebatan di kalangan Kemenag pusat. Karena dianggap kurang efisien dan hanya menghabiskan anggaran. Kartu nikah ini dianggap tidak perlu karena sudah ada buku nikah.

“Kalau menurut pribadi saya, kartu nikah ini untuk mempermudah warga menunjukkan identitas status pernikahan,” ungkapnya. (ton/r3)

Berita Lainnya

Disperindag Cek Kecurangan SPBU

Muhammad Naja, Bocah Penderita Lumpuh Otak yang Hafal 30 Juz

Redaksi LombokPost

Alhamdulillah, Bantuan Jadup Cair Besok

Gubernur: Uang Tak Menjamin Kebahagiaan

Gerindra Gelar Deklarasi Kemenangan Prabowo-Sandi

Mengunjungi Masjid Ridwan, Masjid Berarsitektur China di NTB

Redaksi LombokPost

Mengunjungi Masjid Ridwan Arsitektur China Desa Pakuan

Jalan Rusak, Pariwisata Ikut Lumpuh

Korban Gempa Menjerit Lagi