Lombok Post
Metropolis

PLN Luncurkan Layanan Satu Pintu

PELUNCURAN: Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (tengah) didampingi Kepala Dinas ESDM NTB H Muhammad Husni (kiri) dan GM PLN NTB Rudi Purnomoloka (kanan) menekan tombol peluncuran Layanan Satu Pintu PLN.

MATARAM-Setelah membuat Lombok kembali terang pascagempa, PLN Unit Induk Wilayah NTB kembali membuat terobosan. Bentuknya, Layanan Satu Pintu. Layanan cepat untuk penyambungan baru dan penambahan daya.

Program Layanan Satu Pintu diluncurkan General Manager (GM) PLN NTB Rudi Purnomoloka bersama Gubernur NTB H Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) NTB H Muhammad Husni. Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol pada kegiatan Fun Walk memperingati Hari Listrik Nasional ke-73, di Lapangan Sangkareang, Kota Mataram, kemarin (18/11).

GM PLN NTB Rudi Purnomoloka mengatakan, layanan satu pintu merupakan komitmen PLN untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan layanan itu, pengajuan sertifikasi laik operasi instalasi, bangunan milik pelanggan tidak lagi dilakukan secara terpisah-pisah.

Layanan itu juga bertujuan memberikan kemudahan aksesibilitas kelistrikan kepada masayarakat. Serta meningkatkan transparansi biaya kepada pelanggan. ”Kami ingin masyarakat semakin mudah mendapatkan layanan PLN,” tegasnya.

Hadirnya Layanan Satu Pintu PLN merupakan sinergi dan integrasi dari layanan PLN, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, dan Lembaga Inspeksi Teknik (LIT). LIT merupakan perusahaan jasa penyedia sertifikasi untuk menerbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang menjadi salah satu syarat mendapatkan layanan listrik dari PLN. Dengan layanan itu, proses penerbitan SLO dapat dilakukan satu pintu melalui PLN.

“Ini merupakan wujud kerja sama PLN bersama pemerintah. Semua layanan dilaksanakan satu pintu,” jelas Rudi.

Untuk mendapatkan Layanan Satu Pintu, permohonan penyambungan baru atau tambah daya, warga bisa menghubungi pusat layanan PLN 123, website PLN www.pln.co.id , atau aplikasi PLN Mobile yang tersedia di Google Play dan IOS. “Pelanggan tidak perlu lagi datang ke kantor PLN, cukup mengakses layanan situs resmi atau aplikasi PLN,” ujar Rudi.

Dengan kemudahan ini, pelanggan bisa langsung memilih LIT sebagai lembaga untuk mengurus SLO-nya. Setelah memilih, pelanggan kemudian akan mendapatkan kode booking sebagai referensi untuk melakukan pembayaran pada Payment Point Online Bank (PPOB).

Kode booking tersebut akan diteruskan kepada LIT untuk ditindaklanjuti proses sertifikasi instalasi listrik milik pelanggan, parallel dengan penyambungan listrik ke rumah pelanggan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah mengapresiasi kinerja dan inovasi yang dilakukan PLN NTB. Biasanya masyarakat hanya bisa mengeluh saat listrik padam. Tetapi tidak mengetahui bagaimana perjuangan petugas PLN pasti tidak akan banyak protes. ”Saya ucapkan terima kasih kepada PLN karena telah berjuang melistriki NTB,” ucapnya.

Kepala Dinas ESDM H Muhammad Husni mengatakan, Layanan Satu Pintu PLN sangat bermanfaat. Layanan itu bisa menghindari praktek percaloan pemasangan daya. Juga lebih efisien. Warga hemat waktu, tenaga dan biaya. Oleh sebab itu, Pemprov  mendukung layanan-layanan inovatif dari PLN. (cr-yun/r5/ADV)

Berita Lainnya

Pemkot Optimis Semua Formasi Terisi

Redaksi LombokPost

Lahan Belum Beres, Pemkot Usulkan Rusunawa Nelayan

Redaksi LombokPost

Bukan Gertak Sambal! Ormas Ancam Turun Tertibkan Tempat Maksiat

Redaksi LombokPost

Lima Spa Abal-Abal Ditertibkan

Redaksi Lombok Post

Bunuh Diri kok Hobi

Redaksi Lombok Post

Situs Tua Ambruk Lagi

Redaksi Lombok Post

Dua Kafe Siapkan Wanita Penghibur

Redaksi Lombok Post

Efek Pemberlakuan Sistem Zonasi, Siswa Tak Perlu Daftar Sekolah Lagi

Redaksi Lombok Post

Bukan Tidak Tahu, tapi Malas Patuh!

Redaksi LombokPost