Lombok Post
Headline Selong

267 CPNS Lotim Lolos SKB

Y Ugi Lusianto

Selong – Sebanyak 267 peserta diperkirakan akan mengisi daftar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kabid Data dan Formasi BKPSDM Lotim L Ugi Lusianto menjelaskan jumlah tersebut berdasarkan perhitungan yang diatur BKN. “Untuk daftarnya kita masih menunggu hasil pansel BKN. Kabarnya hari ini akan dikirimkan,” terang Ugi kepada Lombok Post, kemarin (3/12).

Jumlah tersebut terdiri dari peserta yang lulus passing grade dan perangkingan. Ugi memastikan sistem pengambilan peserta SKB berdasarkan perangkingan yang dilakukan BKN. Pihaknya hanya menyelenggarakan. Kata Ugi, ia akan segera mengumumkan hasil pansel tersebut begitu surat telah dikirimkan. “Kabarnya tinggal ditandatangani saja,” ujar Ugi.

Kebutuhan formasi sebanyak 225 intinya telah terpenuhi. Ugi menerangkan, dari semua formasi, hanya satu formasi analis pelabuhan yang tak bisa terpenuhi. Kata Ugi hal itu disebabkan tidak terpenuhinya nilai minimal perangkingan passing grade sebesar 255. “Itu nilai minimal penghitungan berdasarkan peringkat,”  terangnya.

Namun tunggu dulu. SKB jauh lebih menentukan dari pada SKD. Ugi menjelaskan, bobot penilaian SKB sebanyak 60 persen. Sementara SKD 40 persen. Artinya, mereka yang nilai SKDnya tinggi, belum tentu mengalahkan mereka yang SKDnya lebih rendah namun SKBnya tinggi.

“Ini yang belum banyak diketahui pelamar. Peraturannya bukan saya yang mengatakan seperti itu. Tapi sesuai Permenpan,” kata Ugi memperlihatkan lembaran surat keputusan Permenpan di tangannya.

Adapun rencana pelaksanaan SKB dikatakan akan berlangsung 7 Desember mendatang. Hal itu sesuai dengan jadwal SKB kabupate/kota se NTB. Ugi sendiri memastikan gedung CAT BKPSDM Lotim tidak memiliki kendala. Adapun untuk nama-nama peserta SKB, Ugi menjelaskan beberapa Kabupaten/Kota sudah mengantonginya. “Untuk Lotim sampai detik ini belum,” tegasnya.

Kasubid data dan informasi Bidang Data dan Formasi BKPSDM Lotim Baharudin mengatakan hasil SKD dan perangkingan ditentukan oleh Tim Panselnas BKN. Sementara ini, ada beberapa Kabupaten/Kota yang telah mendapatkan hasilnya. “Bima, Kota Mataram, Loteng, dan Lobar. Itu yang sudah ada hasil SKDnya,” terang Bahar.

Ia juga menegaskan, perangkingan tidak ditentukan oleh BKPSDM. Begitu juga dengan SKD. “Kita mengatakan lulus passing grade pun hanya berdasarkan persyaratan mengiktui SKD. Selanjutnya yang menetapkan lulus dan tidaknya tetap panselnas,” tambahnya.

Adapun setelah nantinya nama-nama SKB keluar, pelamar bisa memastikannya di BKPSDM. Kata Bahar, ketentuan hasil panselnas khususnya perangkingan bisa dilihat langsung. Artinya, tidak ada yang ditutupi dalam penetapan tersebut. “Kita bisa langsung cek di sistemnya,” kata Bahar. (tih/r2)

Berita Lainnya

Tenaga Pemetaan BPS Terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi Lombok Post

Siswa BLK Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Redaksi Lombok Post

Tetaplah Akur Zaitun! Fauzan Fokus Bangun Industri, Sumiatun Janji Kembangkan Pariwisata

Redaksi LombokPost

KPU Laksanakan Rekomendasi Bawaslu

Redaksi LombokPost

Ratusan Guru Jadi PPS dan PPK

Redaksi LombokPost

Ketika Amaq Marisah Terpaksa Membawa Anaknya Mengemis di Pinggir Jalan

Redaksi LombokPost

Puluhan Petugas KPPS dan PPS “Tumbang”

Redaksi LombokPost

Baru Empat Sekolah UNBK Mandiri

Redaksi LombokPost

13 Ahli Waris Non ASN Kemensos RI Terima Santunan BPJSTK

Redaksi Lombok Post