Lombok Post
Giri Menang

Jaspel Puskesmas Gunungsari Tersumbat

PELAYANAN DI TENDA: Pasien rawat inap di Puskesmas Gunungsari masih dirawat di tenda darurat, Sabtu (1/12) lalu.

GIRI MENANG-Petugas kesehatan di Puskesmas Gunungsari merasakan dampak belum dibayarnya klaim BPJS Kesehatan. “Kalau untuk pembayaran kapitasi cukup lancar. Pembayaran klaim non-kapitasi ini yang ada kendala,” kata Kepala Puskesmas Gunungsari Akmal Rosamali.

Kalim yang dibayar BPJS Kesehatan untuk pelayanan non-kapitasi baru sampai Agustus. Klaim September-November belum. Jumlah klaim per bulan fluktuatif, tergantug jumlah pasien. “Sekitar Rp 60-80 juta per bulan,” sambung Akmal.

Ini menjadi persoalan bagi Puskesmas Gunungsari. Lantaran, hingga memasuki akhir tahun, belum ada kepastian kapan klaim tersebut dibayar BPJS Kesehatan. Padahal puskesmas merupakan BLUD yang ditargetkan untuk menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).  “Kami sudah komunikasi dengan BPJS Kesehatan, termasuk dengan Dinas Kesehatan Lobar untuk difasilitasi,” akunya.

Selain PAD, dampak belum dibayarnya klaim ini juga dirasakan petugas kesehatan di Puskesmas Gunungsari. Dimana, pembayaran jasa pelayanan berkurang karena sumber pendapatan di BLUD yang tersumbat.  “Untuk sementara jasa pelayanan petugas belum bisa kami bayarkan,” kata Akmal.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Lombok Barat Wayan Sumarjana berjanji akan melihat lebih dulu kadar kedaluwarsa klaim yang diajukan puskesmas. Karena verifikasi klaim dilihat dari tanggal pengajuan sesuai formulir pengajuan klaim. “Artinya jangan sampai puskesmas itu baru mengajukan tetapi belum terbentuk FPK. Lima belas hari setelah pengajuan FPK lengkap ada penomeran dan ditandatangani pengaju klaim, itu baru bisa dilakukan pembayaran,” jelasnya.

Pembayaran klaim tidak dihitung sejak pengantaran klaim ke kabupaten. Tetapi itu dihitung setelah diverifikasi pihak BPJS Kesehatan. Terkait beberapa bulan klaim di Puskesmas Gunungsari yang belum dibayarkan, Wayan Sumarjana mengatakan, pihaknya akan memverifikasi data terlebih dulu. “Besok Senin (hari ini, Red) kami lacak dulu datanya,” tandasnya. (ton/r1)

Berita Lainnya

Perawatan Jalan Memang Tak Maksimal

Redaksi LombokPost

Dekat PLTU, Jalur ke Jeranjang Malah Gelap Gulita

Redaksi LombokPost

Tekan Kemiskinan, Eksekutif dan Legislatif Harus Bersinergi

Redaksi LombokPost

Calon PNS Siapkan Diri, Tes SKB Digelar Sehari

Redaksi LombokPost

Hotel di Senggigi Mulai Bangkit

Redaksi LombokPost

Empat Bulan Tersiksa di Pengungsian

Redaksi LombokPost

Giliran Warga Langko Gedor Kantor Desa

Redaksi LombokPost

Dengan Kartu Nikah Administrasi Lebih Mudah, Benarkah?

Redaksi LombokPost

Harga Kedelai dan Kacang Tanah Melonjak

Redaksi LombokPost