Lombok Post
Selong

Lotim Siapkan Tim Kewaspadaan Dini di Setiap Kecamatan

Sudirman

Selong – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lotim Sudirman menyambut baik bale mediasi. Perda Provinsi NTB Nomor 9 Tahun 2018 tersebut menurutnya menumbuhkan peran aktif forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM).

“FKDM selama ini berperan aktif dalam menjaring berbagai informasi yang berkaitan dengan isu-isu yang berkembang di daerah,”  terang Sudirman.

Ia menambahkan, perda tersebut akan diperkuat dengan permendagri nomor 2 tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah. Kata Sudirman, hal tersebut menjadi lembaga yang menjadi konsentrasinya pada 2019 mendatang.

Lotim dengan penduduk terbanyak dianggap rawan dengan hadirnya isu konflik. Terlebih yang berasal dari aliran yang keagamaan yang dituding menyimpang. Sudirman melirik Ahmadiyah, islam garis keras, tarekat, dan berbagai kepercayaan lainnya. Karena itu, pemerintah melalui Bakesbangpol harus meningkatkan kewaspadaan.

Selama ini, Sudirman menyadari belum adanya tim di tingkat desa. Seperti BPBD yang memiliki tim siaga bencana di setiap desa. Kata Sudirman, tentu keberadaan tim di setiap desa sangat penting. “Ke depan akan ada tim kewaspadaan dini daerah yang langsung diketuai oleh Bupati, sekretaris kepala Bakesbangpol, dan tim di masing-masing kecamatan,” terangnya.

Dalam gelaran silaturrahmi dengan para ketua lembaga, Sudirman menyampaikan hal serupa. Selama ini, Bakesbangpol memiliki lembaga yang dianggap telah mampu menangani persoalan. Baik dalam pencegahan, maupun penindakan. Lembaga tersebut adalah PAKEM dan forum kesatuan bangsa.

“Yang paling penting adalah silaturrahmi dan komunikasi. Dengan menjalin komunikasi dengan para tokoh aliran kepercayaan yang berkembang tersebut, setidaknya kita tahu apa yang harus kita lakukan,” ujar Sudirman. (tih/r2)

Berita Lainnya

Rohman Mantap Pilih Jalur Independen

Redaksi LombokPost

Masyarakat Harus Lebih Selektif!

Redaksi LombokPost

Spesialis Pencuri Mobil Ditangkap Polisi

Redaksi Lombok Post

80.584 Anak Belum Punya Akta

Redaksi Lombok Post

Sengketa Lahan Ancam Investasi

Redaksi Lombok Post

Di Balik Alasan Jukir RSUD dr R Soedjono Selong Mempertahankan Kehendaknya (2-Habis)

Redaksi Lombok Post

FK UI Gelar Pelatihan di Sembalun

Redaksi LombokPost

Warga Selong Tertangkap Bawa Setengah Kilo Sabu

Redaksi LombokPost

Belanja Murah di Pasar Jumat Pancor

Redaksi LombokPost