Lombok Post
Headline Metropolis

NTB EXPO Resmi Dibuka Wagub

KUNJUNGAN: Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah mengunjungi salah satu stand UMKM yang ada di NTB EXPO di area Science Technology Industrial Park Banyumulek, Lombok Barat, kemarin (5/12).

MATARAM–Event NTB Expo 2018 resmi dibuka Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, kemarin (5/12). Event yang dipusatkan di Science Technology Industrial Park (STIP) Banyumulek tersebut menjadi momentum kebangkitan UMKM Bumi Gora.

Meski diguyur hujan lebat, pembukaan NTB Expo berlangsung meriah. Wagub mengungkapkan, cuaca memang tidak seperti yang direncanakan. Namun dirinya meyakini hujan yang turun merupakan hujan berkah bagi NTB.

“Hujan yang akan menyejukkan hati kita, supaya makin semangat bangkit, semangat berlari terus membangun NTB dari apa yang kita alami beberapa bulan terakhir,” kata orang nomor dua di NTB ini.

Ia juga menyebut, NTB EXPO 2018 yang merupakan rangkaian kegiatan memeringati HUT NTB ke-60 pada 17 Desember memang agak berbeda. Sebab, NTB belum pulih sepenuhnya setelah diguncang gempa besar. Tentunya kata Wagub Rohmi, NTB tidak ingin berlama-lama berada dalam kondisi merasa sebagai korban.

“Dan Alhamdulillah, kita semua sudah bangkit,” ujar Wagub.

Diungkapkannya, NTB EXPO 2018 merupakan salah satu ikhtiar Pemprov NTB dan menjadi salah satu penyemangat untuk bangkit. Momentum pula untuk kebangkitan UMKM di NTB.

Pada saat yang sama, Wagub juga mengingatkan jajaran Dinas Kopeasi dan UMKM di NTB, bahwa jika ingin membangun UMKM yang lebih baik, tidak bisa dengan cara yang sama dan begitu-begitu saja.

Karena itu, dia menuntut sebuah terobosan. Semua pihak harus bisa memanfaatkan teknologi, sumber daya yang ada, inovatif dan kreatif, serta belajar pada daerah yang UMKM-nya sudah benar-benar maju.

“Materi atau apa yang kita jual kepada masyarakat, sudah sangat luar biasa tetapi sekali lagi tetap ada kendala dalam berbagai hal,” terangnya.

Kendala tersebut antara lain adalah kualitas, pemasaran dan akses. Oleh karenanya, semua pihak yang berkontribusi dalam hal ini, harus betul-betul serius agar semua potensi bisa dimaksimalkan. SKPD-SKPD di ruang lingkup Setda NTB juga demikian, harus berinovasi dan berkreasi dan memanfaatkan pula sumber daya yang ada di sekitar. NTB EXPO 2018 bisa diharapkan, menjadi pemicu kebangkitan UMKM di NTB untuk menuju kearah yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi UKM NTB H Lalu Saswadi mengatakan NTB EXPO membuka jalan UMKM NTB memasarkan segala jenis produk mereka. Sebab, selama event ini berlangsung, ada interaksi antara UMKM dari NTB dengan UMKM dari luar NTB. Sehingga bisa terjadi sharing pemasaran agar orang luar NTB juga bisa menggunakan produk-produk asli NTB.

“Disisi lain, kita juga memperkenalkan ke masyarakat luas mengenai apa saja produk-produk yang dihasilkan UMKM di NTB,” jelasnya.

Total ada 120 UMKM yang ambil bagian dalam NTB EXPO tahun ini. Sementara dari luar daerah ada dari Malang, dan Pasuruan, Jawa Timur. Soal berapa target transaksi dalam event ini, Saswadi tak ingin berspekulasi terlalu jauh. Yang terpenting kata dia, bagaimana NTB EXPO 2018 bisa sukses seperti tujuan yang sudah dicanangkan yaitu membangkitkan produk UMKM yang ada di NTB.

Tidak hanya untuk gebyar UMKM, pada NTB EXPO yang berlangsung hingga 9 Desember 2018 ini, ambil bagian SMK se-Pulau Lombok. Hal ini bertujuan agar pelajar SMK akan lebih terlatih bagaimana sesungguhnya dunia kerja. Bisa memperkenalkan apa saja karya anak-anak SMK beserta program-program ke depannya.

“Karena STIP akan dibuat sebagai tempat pendidikan, pusat industry bahan ringan kemudian nanti pusat gallery-nya, tujuannya kami ingin memperkenalkan STIP juga,” kata dia. (cr-yun/r8)

Berita Lainnya

Gerbang Kota Ikut Terseok-Seok!

Redaksi Lombok Post

Spa Abal-Abal Kembali Tersenyum

Redaksi Lombok Post

Usia 16 Tahun Terlarang Menikah

Redaksi Lombok Post

330 Tukang RISHA Minggat, Rumah Korban Gempa Baru Jadi 85 Unit

Redaksi Lombok Post

Ogah Berniaga di Jalan Niaga

Redaksi LombokPost

Masih Banyak Warga Loteng Buang Air Besar Sembarangan

Redaksi LombokPost

Pemkab dan ITDC Raih Penghargaan ISTA

Redaksi LombokPost

Ahli: Penangkapan Muhir Bukan OTT

Redaksi LombokPost

Pola Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma’ruf Serupa

Redaksi LombokPost